Ada 4 Gerbang Baru, Borobudur Bakal Lebih Cantik

Pemerintah terus berupaya mempercantik kawasan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Ada 4 Gerbang Baru, Borobudur Bakal Lebih Cantik Candi Borobudur. (Dok. Solopos/Reuters-Dwi Oblo)

Semarangpos.com, MAGELANG – Pemerintah akan membangun empat gerbang ikonis baru di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng). Keempat gerbang yang diberi nama Kembangkalimus, Palbapang, Blondo, dan Klangon itu diharap lebih mempercantik kawasan sekitar candi dan meningkatkan daya tarik wisatawan.

Keempat gerbang itu nantinya dibangun ikon yang berbeda-beda sesua relief Candi Borobudur. Untuk gerbang Kembangkalimus yang dilalui pengunjung dari arah Purworejo, akan dibangun patung gajah.

Sementara gerbang Palbapang untuk pengunjung dari arah Yogyakarta dibangun patung singa. Gerbang Blondo yang dilewati pengunjung dari Kota Magelang dibangun patung kalpataru, dan gerbang Klangon untuk pengunjung dari Kulonprogo akan dibangun gerbang Kapal Samudraraksa.

Putri Mahkota Denmark Puji Pelestarian Borobudur

“Saat ini sudah tahap lelang, pertengahan tahun kita targetkan sudah bisa dikerjakan,” ujar Kepala Satker Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) I Jateng, Dwi Atma Singgih Raharjo, dilansir laman Internet resmi Pemprov Jateng, Rabu (5/2/2020).

Keempat gerbang akan berdiri di area seluas 1.300-5.000 meter per segi. Menurut Singgih, gerbang Kembanglimus akan menjadi istimewa, karena dibangun di atas tanah seluas dua hektare. Setiap gerbang akan dilengkapi dengan lahan parkir, toilet, pusat kuliner dan pusat penjualan suvenir.

Dikatakan Singgih, masalah yang saat ini menjadi perhatian adalah pembebasan tanah, karena sebagian besar merupakan milik pribadi, seperti di Blondo dan Palbapang. Pembangunan empat gerbang itu ditaksir mencapai Rp118 miliar.

“Namun kemungkinan masih akan bertambah antara Rp40 miliar-Rp50 miliar untuk pengadaan tanah,” jelasnya.

Anggota Komisi IX DPR, Sudjadi, mengatakan empat gerbang tersebut dibangun setelah Borobudur dinyatakan sebagai kawasan super prioritas untuk dijadikan Bali Baru. Gerbang pertama yang akan dibangun adalah Samudraraksa di Klangon, karena proses telah berjalan sesuai rencana.

“Sudah dalam tahap lelang namun belum menentukan pemenangnya,” ujar Sudjadi.

Untuk gerbang Kembanglimus segera dibangun karena pemerintah desa setempat memberikan dukungan penuh. Sedangkan, gerbang di Palbapang dan Blondo masih terkendala pembebasan lahan.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.