Ada Warga Belum Paham, Disnakertrans Grobogan Fasilitasi Daftar Kartu Prakerja

Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja secara online, untuk Disnakertrans Grobogan memandu warga yang membutuhkan.

Ada Warga Belum Paham, Disnakertrans Grobogan Fasilitasi Daftar Kartu Prakerja Posko pendampingan pendaftaran Kartu Prakerja di Kantor DPC PDI Perjuangan Grobogan. (Semarangpos.com-Istimewa)

Semarangpos.com, PURWODADI — Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja melalui situs resmi www.prakerja.go.id. Disnakertrans) Grobogan memandu warga yang membutuhkan program ini.

Pendaftaran dimulai 11 April 2020 hingga pekan keempat November 2020. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat dan setiap hari secara online.

Kasie Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dsnakertrans) Grobogan Amin Susanto menjelaskan program Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil. Program ini diprioritaskan kepada mereka yang kehilangan pekerjaan atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19.

2 Gadis Indigo Lihat Sosok Bergelantungan di Gedung Bekas Kantor Semarang

“Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mekanisme pendaftaran proram Kartu Prakerja. Oleh karena itu Disnakertrans Grobogan membuka dua posko pendampingan bagi warga yang ingin mendaftar program tersebut,” ujar Amin, Kamis (16/4/2020).

Warga yang kesulitan dalam melakukan pendaftaran secara mandiri bisa datang di posko pendampingan di kantor Disnakertrans Grobogan Jl. dr. Sutomo Purwodadi. Pendampingan di posko hanya sebatas menunjukan tata cara pendaftaran program Kartu Prakerja. ‘’Di posko nanti kami jelaskan tata cara pendaftarannya. Karena proses pendaftaran harus dilakukan secara mandiri tidak melalui instansi atau institusi tertentu,” kata Amin.

Kendala Pendaftar

Kendala yang dihadapi pendaftar Kartu Prakerja adalah kesulitan untuk mengunggah foto diri dan foto kartu identitas. Setelah ditelusuri, ternyata ukuran foto diri dan foto kartu identitas belum dikecilkan. “Jadi foto diri dan foto kartu identitas belum dikompres. Padahal, ada batas maksimal ukuran file yang diunggah saat pendaftaran Kartu Prakerja,” jelasnya.

Suara Wanita Terekam Vlog Billy Christian Edisi Gedung Bekas Kantor Semarang

Disnakertrans Grobogan juga mengedarkan poster berisi informasi tata cara pendaftaran Kartu Prakerja di 19 kantor pemerintah kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan. Pihaknya juga membuka kesempatan kepada siapa saja yang ingin ikut membuka posko pendampingan asal berkoordinasi dengan Disnakertrans Grobogan.

“Selain di dua posko Disnakertrans Grobogan, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Grobogan juga membuka posko pendampingan pendaftaran Kartu Prakerja,” katanya.

Ketua Bidang Pengkaderan DPC PDI Perjuangan Yoyok Prihantoro mengatakan pembukaan posko pendampingan untuk membantu masyarakat saat mendaftar program Kartu Prakerja. Mengingat sejak adanya wabah virus corona banyak warga yang kehilangan pekerjaan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.