Bantuan Sosial Tunai Untuk 2.978 Keluarga di Karanganyar Telah Disalurkan Via Rekening

Kementerian Sosial melalui bank yang ditunjuk telah menyalurkan bantuan sosial tunai kepada 2.978 keluarga di Karanganyar lewat rekening bank.

Bantuan Sosial Tunai Untuk 2.978 Keluarga di Karanganyar Telah Disalurkan Via Rekening Ilustrasi uang tunai rupiah. (Semarangpos-JIBI)

Semarangpos.com, KARANGANYAR — Kementerian Sosial melalui bank yang ditunjuk telah menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada 2.978 keluarga di Karanganyar lewat rekening bank masing-masing.

Sementara itu, sebanyak 14.733 keluarga akan menerima bantuan melalui layanan Kantor Pos yang akan disalurkan mulai Selasa (12/5/2020) ini.

Kabupaten Karanganyar mendapatkan kuota untuk BST sebanyak 25.836 keluarga. Namun, sebanyak 8.125 keluarga tertolak oleh sistem Pusdatin Kemensos.

Duh, PSBB Bikin 43.000 UMKM di Pekalongan Gigit Jari

Sehingga, hanya sebanyak 17.711 keluarga yang lolos untuk mendapatkan aliran bantuan tunai senilai Rp600.000 selama tiga bulan. Bantuan didistribusikan melalui rekening empat bank mitra dan PT Kantor Pos Indonesia.

Dikatakan Kabid Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial Dinsos Karanganyar, Marno, distribusi bantuan sudah disalurkan dengan membagi kuota untuk Bank BNI sebanyak 551 keluarga, BRI 2.063 keluarga, Bank Mandiri 347 keluarga, dan BTN sebanyak 17 keluarga. Keempat bank tersebut nantinya akan memberikan pesan ke penerima melalui SMS Banking sebagai informasi bantuan sudah masuk ke rekening.

Ribuan Liter BBM dalam Kebakaran di Boyolali Masih Diselidiki Polisi

“Sudah disalurkan yang lewat bank. Karena itu kan otomatis dibuatkan rekening. Nanti e-Banking akan memberikan notifikasi ke nomor penerima bantuan. Nanti bisa diambil kapan saja, karena sudah menjadi hak mereka selama tiga bulan,” ucap Marno kepada Semarangpos.com saat dimintai konfirmasi, Sabtu (9/5/2020).

Jadwal Penyaluran

Terkait penyaluran bantuan sosial tunai  melalui layanan pos, Marno mengungkapkan untuk Gondangrejo, Colomadu, dan Jaten akan dilakukan oleh PT Pos Pusat Gladak Solo. Sedangkan 14 kecamatan lainnya akan dilakukan oleh PT Pos Cabang Karanganyar.

Bocah Hilang di Klaten Ditemukan Meninggal di Sungai Balong

Untuk jadwal penyaluran pertama kali dilakukan di Jaten pada Selasa (12/5/2020) disusul Colomadu pada Rabu (13/5/2020) dan Gondangrejo (14/5/2020). Sedangkan kecamatan lainnya direncanakan juga akan dilakukan pada Selasa (12/5/2020) namun masih menunggu susunan jadwal pasti.

“Targetnya dari Pos minimal sehari bisa menyalurkan ke 1.000 keluarga. Semoga saja bisa tercapai. Nanti sistemnya akan diatur oleh Pemdes dan Pos. Tapi tetap akan didampingi dari Satgaskin. Semoga saja nanti bisa lancar,” jelas dia.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.