Bersandar di Tanjung Emas, KRI dr Soeharso Bantu Pasokan Oksigen di Jateng

Kebutuhan oksigen rumah sakit di Jateng, khususnya wilayah Semarang Raya terbantu dengan kehadiran kapal perang rumah sakit, KRI dr Soeharso.

Bersandar di Tanjung Emas, KRI dr Soeharso Bantu Pasokan Oksigen di Jateng Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat meninjau KRI dr Soeharso di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Rabu (28/7/2021). KRI dr Soeharso mampu memproduksi oksigen hingga 150.000 liter per hari. (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Jawa Tengah (Jateng) mendapat pasokan oksigen dari KRI dr Soeharso yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Rabu (28/7/2021).

Oksigen dari kapal perang rumah sakit ini akan membantu kebutuhan rumah sakit-rumah sakit di Jateng, khususnya di wilayah Semarang Raya.

KRI dr Soeharso yang memiliki oksigen generator disebut mampu memproduksi oksigen secara mandiri dengan kapasitas 150.000 liter per hari, setara dengan 20-25 tabung berkapasitas 6.000 liter.

Baca juga: Baru 2,5 Juta Warga Terima Vaksin Covid-19, Jateng Geser Sentra Vaksinasi ke Desa

“KRI dr Soeharso ini merupakan kapal perang rumah sakit yang diperintahkan bersandar di Semarang. Tujuannya untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan oksigen, khususnya di rumah sakit,” ujar Komandan Lanal Semarang, Kolonel Laut (P) Nazarudin, di Pelabuhan Tanjung Emas, Rabu siang.

Nazarudin menyatakan bahwa kapal tersebut akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Kapal ini akan stanby sampai kebutuhan oksigen di Jateng terpenuhi. Tidak ada batas waktu,” jelasnya.

Nazarudin menambahkan saat ini di Indonesia baru ada dua kapal perang rumah sakit yang bisa memproduksi oksigen. Selain KRI dr Soeharso, ada juga KRI Semarang yang bersandar di Surabaya untuk pemenuhan kebutuhan oksigen di wilayah Jawa Timur (Jatim).

“Untuk mempermudah pelayanan, kami telah berkoordinasi dengan Dinkes agar rumah sakit yang membutuhkan pengisian oksigen bisa dikoordinasi. Sebab, kemampuan pengisian kami sehari hanya 20-25 tabung, jadi memang butuh waktu. Hari ini sudah mulai ada pengisian tabung untuk rumah sakit,” terangnya.

Semarang Raya

Sementara, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berkesempatan menengok KRI dr Soeharso yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas. Ganjar datang bersama Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dan Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo.

Gubernur mengaku keberadaan kapal tersebut sangat dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan oksigen di Jateng.

“Oksigen kita memang masih butuh. Kebutuhan oksigen Jateng kemarin masih minus 30%,” ujarnya.

Baca juga: Produksi Oksigen Samator di Kendal Tersendat, Ini Penyebabnya…

Ganjar mengatakan oksigen dari KRI dr Soeharso akan diprioritaskan untuk memasok kebutuhan rumah sakit di Semarang Raya. Harapannya, jika kebutuhan Semarang Raya terpenuhi, maka daerah lain akan mengikuti.

“Kita prioritaskan untuk rumah sakit di Semarang Raya, karena lebih dekat. Sumber lain bisa digunakan untuk pemenuhan daerah lain,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.