Blibli Dukung UMKM Virtual Expo 2020, Ini Komitmennya

UMKM Virtual Expo 2020 memberikan rangkaian pelatihan bagi para pelaku UMKM untuk siap Go Digital

Blibli Dukung UMKM Virtual Expo 2020, Ini Komitmennya UMKM Jawa Tengah

Semarangpos.com, JAKARTA – Blibli kembali menunjukkan komitmennya bagi industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Yakni dengan menjadi mitra e-commerce dari program UMKM Virtual Expo 2020.

Program yang digagas oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dan Harian Umum Solopos ini dijalankan untuk mendukung para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Agar pelaku UMKM tetap dapat mengembangkan bisnisnya secara online.

UMKM Virtual Expo ini merupakan rangkaian kompetisi bagi para pelaku UMKM di wilayah Solo Raya (Solo dan sekitarnya). Ini mencakup tahap seleksi, pelatihan, serta penentuan pelaku UMKM yang dapat bergabung dengan platform Blibli.

Adapun sesi pelatihan yang sudah dijalankan pada bulan Juli hingga Agustus 2020. Meliputi pengembangan diri dan motivasi, manajemen keuangan, dan akses permodalan. Juga pelatihan marketing 4.0, pengetahuan tentang logistik, serta memanfaatkan pemasaran dan pembayaran secara online.

Mulai September hingga Desember 2020, Blibli akan menampilkan laman khusus UMKM Virtual Expo yang terdiri dari 25 pelaku UMKM yang lolos seleksi tahap pertama. Selama periode tersebut, para pelaku UMKM akan terus dipantau dan diberikan pendampingan. Agar mereka dapat memanfaatkan platform e-commerce untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Ayo Pahami Batik Sebagai Aset Budaya dan Warisan Dunia

Selain itu, laman khusus dari UMKM Virtual Expo ini juga akan menjadi bagian dari kategori produk Galeri Indonesia yang ada di Blibli. Di mana kategori ini merupakan kategori khusus yang memberikan kurasi bagi produk-produk UMKM Indonesia.

Bangga Buatan Indonesia

Kolaborasi ini sebagai wujud inisiatif berkelanjutan Blibli untuk mendukung para pelaku UMKM. Khususnya di tengah situasi pandemi saat ini agar dapat terus menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Hal ini tentunya yang sejalan dengan kampanye #KarenaLokalNo1 dari Blibli yang merupakan bukti nyata dukungan Blibli terhadap program gerakan nasional pemerintah Indonesia yaitu Bangga Buatan Indonesia.

“Blibli menyambut baik inisiatif Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo dan Solopos yang memiliki kesamaan visi mendorong UMKM untuk naik kelas melalui pemanfaatan platform e-commerce. Blibli akan terus mengajak seluruh pihak untuk terus berkolaborasi dalam mendukung UMKM. Sehingga mereka dapat menjalankan roda bisnisnya di situasi yang menantang saat ini,” ujar Vice President (VP) Galeri Indonesia Blibli Andreas A. Pramaditya.

“Kegiatan UMKM Virtual Expo menjawab tantangan dalam memulihkan perekonomian di tengah situasi pandemi saat ini. UMKM mengalami penurunan omzet penjualan. Sehingga mau tidak mau harus mengenal dan menggunakan platform digital. Maka dari itu kami bekerjasama dengan Solopos dan Blibli untukmengedukasi UMKM dalam memanfaatkan platform digital,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Bambang Pramono.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Solopos Group, Suwarmin, mengatakan bahwa UMKM memberi kontribusi 90% terhadap ekonomi negara. Situasi Covid-19 saat ini membuat sejumlah pelaku ekonomi usaha kecil mengalami penurunan omzet.

“Kita ketahui bahwa saat ini masyarakat banyak yang telah memanfaatkan platform digital untuk beraktivitas termasuk berbelanja secara online. Oleh karena itu, kami menginisiasi suatu kegiatan untuk membantu UMKM untuk go digital. Dan ini disambut baik oleh Bank Indonesia dan Blibli,” kata Suwarmin.

Gubernur Ganjar: Masker Senjata Ampuh Lawan Corona

UMKM Virtual Expo yang baru pertama kali diadakan ini berhasil menarik ratusan pendaftar. Akhirnya terpilih 25 UMKM yang akan didampingi Blibli selama empat bulan untuk berjualan online di platform Blibli. Di mana bidang usaha yang dijalani oleh para pelaku UMKM tersebut mencakup kategori kuliner, fashion, dan juga kriya.

Strategi Bisnis

Adapun 25 peserta yang terpilih mencakup: Ummika Brownie, Kaiyacraft, Jewel Ethnic Wear, Karak Super Mbah, Ratu Ngemil, dan Omah Keripik Pak Kenthut. Kemudian CIL-CIL Craft, Batik SDK, Wedang Jahe Instan Nusantara, Dapur UmiQu, Batik Naufakencana, dan Amalove Hijab. Selanjutnya Rumah Rajut Cinta, Gliks Indoproject, Dapoer Enak Enik, NooRy Cake and Bakery, dan Niti Sari. Lalu Bolen Pisang Ennys, Jakadutz, Fancy Chocolate, Karya Snack, Fancy Copper, Mezzaluna Jamur, Mutiara Prima dan Cavatoz.

“Semoga para UMKM terpilih ini dapat mengikuti pendampingan dengan baik, berkomitmen, dan bersemangat. Sehingga dapat terus mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan platform e-commerce,” tutup Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Bambang Pramono.

51 Objek Wisata di Jateng Siap Dibuka

Blibli selalu berupaya untuk memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan dan membuka kesempatan bisnis yang lebih besar bagi para mitra seller termasuk para pelaku UMKM. Hal ini tentunya sejalan dengan strategi bisnis, Customer Satisfaction First, di mana pelanggan menjadi prioritas utama #KarenaKamuNo1 dan terus mendukung produk lokal #KarenaLokalNo1.

Untuk mengetahui informasi lebih detil tentang laman khusus UMKM Virtual Expo di Blibli, dapat mengakses tautan berikut: Blibli.com/umkmvirtualexpo. Pada laman tersebut Blibli juga menghadirkan laman Kreasi Kreatif UMKM Jawa Tengah sebagai laman khusus berbagai produk dari UMKM Provinsi Jawa Tengah.

Sedangkan untuk mengetahui informasi lebih detil tentang program produk lokal pilihan #KarenaLokalNo1 dapat mengakses tautan sebagai berikut: Blibli.com/banggabuatanindonesia.

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.