51 Objek Wisata di Jateng Siap Dibuka

Sebanyak 51 objek wisata di Jateng bersiap untuk beroperasi kembali pada masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol ketat.

51 Objek Wisata di Jateng Siap Dibuka Kadisporapar Jateng, Sinoeng N. Rachmadi. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 51 destinasi wisata atau objek wisata di Jawa Tengah (Jateng) saat ini tengah mengajukan izin untuk beroperasi kembali.

Namun untuk buka kembali, 51 objek wisata tersebut harus memenuhi sejumlah persyaratan antara lain penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Saat ini yang sedang mengajukan izin buka kembali ada 51 DTW [destinasi tempat wisata], atau 8% dari total DTW di Jateng. Mereka juga sedang melakukan simulasi dan proses paralel,” ujar Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, kepada Semarangpos.com, beberapa waktu lalu.

Gereja Ayam, Destinasi Wisata Penuh Toleransi

Sinoeng mengatakan hingga saat ini sudah ada sekitar 61% atau 424 objek wisata di Jateng yang telah dibuka atau diizinkan beroperasi di masa pandemi Covid-19.

Meski diizinkan buka, ratusan objek wisata itu tetap akan terus diawasi dan dilakukan evaluasi dalam penerapan protokol kesehatan.

“Kita tetap akan evaluasi. Kalau sampai teledor akan kita kasih peringatan dan sanksi tutup 1 hari. Kalau masih melakukan kesalahan yang sama, ya kita tutup seterusnya,” tegas mantan Kepala Satpol PP Jateng itu.

Sinoeng menambahkan pada masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya juga melakukan realisasi target kunjungan wisatawan.

Realisasi target

Target wisatawan nusantara yang sebelumnya dipatok 50 juta pada 2020, diubah menjadi 24 juta wisatawan.

“Kita lebih realistis. Kita sesuaikan targetnya. Insyallah tercapai, apalagi di triwulan pertama kemarin kita sudah mencatat ada sekitar 9 juta wisatawan nusantara yang berkunjung ke Jateng,” imbuhnya.

Covid-19 Masih Jadi Momok, Dieng Culture Festival Digelar Secara Virtual

Sinoeng juga menegaskan pihaknya tidak akan memberikan larangan bagi wisatawan yang berasal dari daerah atau zona merah untuk berwisata di Jateng. Meski demikian, wisatawan dari daerah zona merah Covid-19 harus menjalani sejumlah aturan sebelum diizinkan berkunjung ke objek wisata di Jateng.

“Syaratnya hanya checking body, suhu tubuhnya diukur. Kalau di atas normal akan kita tindak lanjuti dengan penanganan khusus. Jadi, kita tidak akan melarang wisatawan dari daerah mana pun yang ingin berwisata ke Jateng. Apalagi kita punya tagline Ke Jateng Saja,” imbuh Sinoeng.

Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara atau turis asing, Sinoeng mengaku tak mematok target. Hal itu dikarenakan Jateng sudah menutup pintu atau kunjungan wisatawan mancanegara semenjak pandemi Covid-19 atau wabah virus corona merebak.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.