Tutup Iklan

Desain Eksterior Rumah Perlu Kesesuaian Bahan dan Lokasi

Desain eksterior menjadi wajah suatu rumah yang akan dilihat kali pertama oleh siapa pun yang datang. Untuk itu perlu identitas sesuai selera penghuni.

Desain Eksterior Rumah Perlu Kesesuaian Bahan dan Lokasi Ilustrasi furnitur teras (freepik)

Semarangpos.com, JAKARTA—Keindahan dan keserasian eksterior suatu bangunan ataupun rumah sangat menentukan kesan terhadap bangunan itu. Desain eksterior menjadi wajah suatu rumah yang akan dilihat kali pertama oleh siapa pun yang datang.

Selain itu, desain eksterior merupakan bagian dari bangunan yang berbatasan dengan lingkungan sekitar. Karena itu, dia menjadi aspek penting untuk menciptakan atmosfer dan identitas sesuai yang diinginkan.

Yang perlu diperhatikan untuk menciptakan ruang meskipun dengan konsep eksterior, pemilihan furnitur dapat menjadi aksen. Dalam pemilihan bahan furnitur untuk eksterior, yang menjadi pertimbangan adalah lokasi.

Bertanam Sayur Hidroponik Yuk, Murah Lagi Mudah Hlo, Begini Caranya…

Lanscape Designer Amalya Hasibuan mengatakan material yang digunakan untuk furnitur eksterior tentunya adalah bahan yang tahan cuaca, apalagi hunian dekat dengan pantai dan pegunungan yang lembap.

Menurutnya, tidak semua bahan kayu atau rotan dapat digunakan untuk outdoor. Menurutnya, bahan outdoor harus memiliki lapisan UV yang dapat melindungi dari eksposur matahari.

Kebijakan Menhub Bikin Bingung, Pengusaha Otobus Wonogiri: Bagaimana Membedakan Pemudik dan Bukan?

Semakin memberikan kesan alami, Anda juga dapat menambahkan tanaman-tanaman, seperti tanaman rambat di dinding. Setelah mengetahui lokasi hunian ataupun gaya arsitektur, Anda dapat menyesuaikan tanaman yang akan digunakan.

Pemilihan Warna

“Paling mudah memilih tanaman yang kita lihat sehari-hari, misalnya tanaman rambat, pohon palem. Jadi tetap indah tanpa harus melakukan perawatan yang susah,” jelasnya.

Sementara dari segi pemilihan warna, Amalya merekomendasikan untuk menggunakan warna tanah. Tidak masalah bila menginginkan warna yang lebih terang sebagai aksen. Namun, yang paling penting telah mengetahui basik warna yang dominan.

KWT Salatiga Ajak Tanam Sayur Mandiri Tekan Dampak Covid-19

Warna tersebut, lanjutnya, bisa disesuaikan dengan lingkungan sekitar misalnya pegunungan ataupun pantai. Setelah mengetahui unsur-unsur tersebut setelah itu dapat menentukan warna. Bahan perabot eksterior rumah juga disesuaikan dengan lokasi tersebut, karena ada perbedaan kelembapan.

Sedangkan apabila Anda memiliki tempat tinggal di tengah kota, warna dapat disesuaikan dengan gaya arsitektur rumah.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.