Di Pasar Sapi Ambarawa, Sapi Jumbo Siap Sambut Iduladha

Perayaan Iduladha tahun ini diperkirakan jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020, dan Pasar Sapi Pon Ambarawa pun siap menyediakan hewan ternak kurban.

Di Pasar Sapi Ambarawa, Sapi Jumbo Siap Sambut Iduladha Suasana prdagangan Pasar Sapi Pon Ambarawa, Bawen, Kabupaten Semarang. (Jinak TV)

Semarangpos.com, UNGARAN ― Perayaan Iduladha tahun ini diperkirakan jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. Masyarakat Indonesia mulai menabung dan memilih hewan kurban sesuai dengan kemampuannya. Pasar Sapi Pon Ambarawa pun siap menyambut warga yang berbelanja hewan ternak kurban.

Channel Youtube Jinak TV melaporkan kesiapan masyarakat menjelang Iduladha 1441 H di Pasar Sapi Pon Ambarawa, Sabtu (4/7/2020). Pasar bernama “Ambarawa” yang justru berada di Kabupaten Bawen, Kabupaten Semarang itu merupakan pasar sapi terbesar di eks Keresidenan Semarang, Jawa Tengah.

Pengelola Channel Jinak TV melakukan observasi dan wawancara terhadap harga dan kondisi sapi pada Rabu, 1 Juli 2020. “Kelihatan bersih, kelihatan rapi, kelihatan serasi,” paparnya.

Penelusuran di Alas Roban, Om Hao Ceritakan Awal Mula Nama Batang

Ada beberapa jenis sapi di pasar itu, yakni pedet, limousin, simmental, bibitan, castroli, pegon, FH, dan sebagainya. Harga yang disediakan pun berbagai macam, dari Rp13,7 juta–Rp35 juta.

Sapi Ratusan Kilogram

Terdapat sapi simmental seberat 670 kg yang dijual dengan harga Rp35 juta. Selain itu, ada sapi limousin lainnya memiliki berat 700 kg dan dijual dengan harga Rp34 juta. Sapi limousin seberat 560 kg, namun sudah terjual dengan harga Rp24,25 juta.

Perintah Allah Swt. kepada umat Islam mengenai kurban ditulis dalam surah Al-Kautsar ayat 2 dalam Alquran. “Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah [sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah].”

Layanan Wisata Zona I Borobudur di Era New Normal Disimulasikan

Selain surah di atas, surah Al-Hajj ayat 36 juga membahas mengenai tata cara kegiatan berkurban itu. “Dan unta-unta itu Kami jadikan untukmu bagian dari syiar agama Allah, kamu banyak memperoleh kebaikan padanya. Maka sebutlah nama Allah [ketika kamu akan menyembelihnya] dalam keadaan berdiri [dan kaki-kaki telah terikat]. Kemudian apabila telah rebah [mati], maka makanlah sebagiannya dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya [tidak meminta-minta] dan orang yang meminta. Demikianlah Kami tundukkan [unta-unta itu] untukmu, agar kamu bersyukur.”

Aktivitas berkurban merupakan sarana seseorang untuk mengekspresikan rasa syukur terhadap rezeki yang telah diberikan Sang Pencipta kepadanya. Berkurban dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt. karena mencerminkan ketaatan terhadap perintah-Nya.

Selain itu, kegiatan itu dapat mengingatkan masyarakat untuk bersedekah kepada orang-orang yang kurang mampu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.