Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kukuhkan Temanggung Jadi Sentra Bawang

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Sukarman, Selasa (17/12/2019), turut menanam bawang putih di Desa Tuksari, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kukuhkan Temanggung Jadi Sentra Bawang Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Sukarman (kanan) menanam bawang putih di Desa Tuksari, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (17/12/2019). (Antara-Heru Suyitno)

Semarangpos.com, TEMANGGUNG – Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Sukarman mengakui Kabupaten Temanggung sebagai salah satu sentra pengembangan benih bawang putih dan menjadi pemasok hampir ke seluruh wilayah Indonesia

Pengukuhan Sukarman atas status Temanggung sebagai sentra benih bawang putih di Indonesia itu disampaikan di Temanggung, Selasa (17/12/2019). Temanggung, menurutnya merupakan sentra bawang putih terbesar, terutama untuk jenis lumbu kuning dan lumbu hijau.

“Temanggung jadi andalan kita, sebagian produksinya untuk benih sepanjang memenuhi persyaratan,” kata Sukarman seusai tanam serempak bawang putih di Desa Tuksari, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Ia mengingatkan para penangkar bawang putih supaya menjaga kualitas, karena Temanggung memiliki potensi besar utuk menjadi pemasok benih bawang putih di seluruh Indonesia. “Jangan sampai mencampur benih bawang putih yang siap tanam dengan yang belum ini akan mecederai penangkar benih di Temanggung, kami dari Ditjen Hortikultura sangat menaruh harapan bahwa Temanggung akan menjadi sentra bawang putih terbesar,” katanya.

Ia berharap Temanggung menjadi sentra pengembangan benih bawang putih dan tetap menjaga kualitas sehingga produk bawang putih dalam negeri mampu bersaing dengan produk bawang putih impor.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung Masrik Amin Zuhdi mengatakan Temanggung menjadi sentra pengembangan utama karena pada 2019 mampu menanam 1.300 hektare dan mempunyai benih bawang putih sekitar 5.500 ton. “Benih ini sudah mencukupi kebutuhan seluruh Indonesia dalam rangka membangun embrio daerah-daerah produksi bawang putih,” katanya.

Masrik menuturkan secara potensi Temanggung mempunyai 10.000 hektare lahan yang siap ditanami bawang putih.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.