Dua Pedagang Pasar Juwangi Boyolali Positif Covid-19, Pedagang Lain akan Rapid Test Massal

Dua pedagang di Pasar Juwangi, Boyolali, Jawa Tengah, dinyatakan positif Covid-19. Pedagang lain di Pasar Juwangi bakal menjalani rapid test massal.

Dua Pedagang Pasar Juwangi Boyolali Positif Covid-19, Pedagang Lain akan Rapid Test Massal Salah satu sudut Pasar Juwangi Boyolali. (Semarangpos-Ahmad Mufid Aryono)

Semarangpos.com, BOYOLALI – Dua pedagang di Pasar Juwangi, Boyolali, Jawa Tengah, dinyatakan positif Covid-19. Dari kejadian itu para pedagang di Pasar Juwangi bakal menjalani rapid test massal.

Rencana tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Boyolali, Ratri S. Survivalina. “Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Gugus Tugas Kabupaten Boyolali, besok Senin (18/5/2020) akan melaksanakan screening dengan rapid test di Pasar Juwangi,” ujar Ratri.

“Karena kita perkirakan kontak erat di pasar ini belum terjaring sepenuhnya,” terang Ratri seperti dikutip dari Detik.com, Minggu (17/5/2020).

Tugu Muda Jadi Tanda Pengorbanan Pemuda Semarang

Sebelumnya, Dinkes Boyolali telah melakukan rapid test kepada pedagang di pasar tersebut. Kala itu hasilnya 13 orang dinyatakan non-reaktif. Itulah sebabnya kini screening massal kembali diagendakan.

“Kemarin juga sudah kita lakukan rapid test pada 13 orang, tapi semuanya non-reaktif. Tapi kita berupaya untuk memberikan keamanan kepada seluruh masyarakat Boyolali. Ini kita jaring sebanyak mungkin nanti di Pasar Juwangi untuk pemeriksaan rapid test bagi pedagang-pedagang yang ada di sana,” sambung dia.

Transmisi Lokal

Screening massal dengan rapid test dilakukan lantaran ada dua kasus positif yang berkaitan dengan Pasar Juwangi. Dua pedagang di pasar tersebut dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Satu pedagang merupakan warga Juwangi. Sementara satu lainnya adalah warga Grobogan.

Suntuk di Rumah, Warga Solo Nekat ke Mal meski Waswas Tertular Corona

Melihat terjadinya transmisi lokal dalam penularan virus corona, Dinkes Boyolali bertindak cepat. Mereka melakukan screening massal untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang bertandang ke Pasar Juwangi.

“Jadi sudah ada transmisi lokal. Di pasar itu terjadi proses interaksi masyarakat yang berdampak pada masalah ekonomi. Maka kami perlu untuk mengambil langkah melakukan screening secara massal yang tujuannya adalah memberikan rasa aman kepada masyarakat. Supaya juga di pasar itu tidak lagi bertambah adanya transmisi lokal,” sambung Ratri.

Warga Nekat Serbu Mal, Apa yang Dilakukan Manajemen Mal di Solo?

Screening massal dengan rapid test di Pasar Juwangi diharapkan membuahkan hasil menggembirakan. Jika ditemukan ada yang reaktif, maka bisa segera diitangani dengan baik.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.