Duh, Vaksinasi 4 Daerah di Jateng Ini Masih Lemot

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebut ada empat hingga lima daerah di provinsinya yang cakupan vaksinasi Covid-19 masih rendah.

Duh, Vaksinasi 4 Daerah di Jateng Ini Masih Lemot Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat dijumpai wartawan seusai memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantornya, Selasa (21/9/2021). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di sebagian besar daerah di Jawa Tengah (Jateng) hingga saat ini sudah menunjukkan progress yang menggembirakan. Meski demikian, ada empat kabupaten yang cakupan vaksinasinya masih rendah, atau berada di angka 20%.

Menurut Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, daerah yang cakupan vaksinasinya masih rendah itu yakni Kabupaten Cilacap, Brebes, Banjarnegara, dan Purbalingga.

Ia pun meminta pemerintah di empat kabupaten itu untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Upaya itu bisa dilakukan dengan langsung menghabiskan stok vaksin yang dimiliki dalam jangka waktu satu hari.

Baca juga: Jelang Pembelajaran Tatap Muka, Semarang Kebut Vaksinasi Pelajar

“Brebes, Cilacap, Banjarnegara, Magelang, Purbalingga tolong vaksinnya dipercepat. Pokoknya begitu dapat, besoknya langsung dihabiskan,” perintah Ganjar saat memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantornya, Selasa (21/9/2021).

Catatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, cakupan vaksinasi di empat kabupaten itu masih sangat rendah. Cilacap contohnya, cakupan vaksinasi dosis pertama di kabupaten tersebut baru sekitar 20,19%, sedangkan dosis kedua hanya 11,50%.

Kemudian Brebes yang vaksin dosis pertamanya mencakup 20,50%, namun vaksinasi dosis kedua baru mencakup 9,26% saja.

Input SMILE

Selain mempercepat pelaksanaan vaksinasi, Ganjar juga meminta pemerintah setempat disiplin dalam menginput data di Sistem Monitoring Imunikasi dan Logistik Elektronik (SMILE).

Tugase panjenengan menghabiskan, biar kita yang meminta ke Kemenkes juga pede dan ternyata memang kita bisa habiskan itu” kata Ganjar.

Baca juga: Innalillahi! 99 Anak Salatiga Kehilangan Orang Tua Gegara Covid-19

Ditemui usai rapat, Ganjar mengatakan jika percepatan vaksin terus dilakukan. Bahkan, kata Ganjar, di Jateng saat ini sudah bisa menyuntikan vaksin kepada 1,6 juta penduduk per pekan.

Sebagai informasi, cakupan vaksinasi di Jateng saat ini mencapai 34,92% atau sekitar 10 juta orang untuk dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua, cakupannya mencapai 18,07% atau sekitar 5,1 juta orang. Sementara itu, untuk vaksin booster yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan sudah mencapai 70,82%, atau sekitar 116.000 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.