Ganjar Akan Data Warga Jateng yang Ikut Ijtima Ulama di Gowa

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, akan mendata warganya yang datang ke acara Ijtimak Ulama di Gowa guna mengantisipasi persebaran virus corona.

Ganjar Akan Data Warga Jateng yang Ikut Ijtima Ulama di Gowa Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (kiri), saat menggelar konferensi pers di kantornya, Kamis (19/3/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan mendata warganya yang berangkat ke Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk menghadiri acara Ijtima Ulama Dunia Zona Asia.

Acara itu dibatalkan karena dikhawatirkan berpotensi terjadi persebaran virus corona atau Covid-19. Namun, kendati dibatalkan acara Ijtima Ulama Dunia Zona Asia itu terlanjur dihadiri ribuan orang dari berbagai daerah, termasuk Jateng.

Informasi yang diperoleh Semarangpos.com, sudah ada sekitar 1.160 warga Jateng yang hadir di Gowa, Sulsel untuk mengikuti acara tersebut.

Bertema Bisnis Syariah, Seminar Peletup Covid-19 di Bogor Diikuti 400 Orang

Meski demikian, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku belum mengetahui secara pasti jumlah warganya yang datang ke Gowa. Ia pun akan melakukan pendataan guna mengantisipasi persebaran Covid-19.

“Meski ditunda, tapi tetap ada banyak yang berangkat. Beredar videonya, ada yang dari Jateng juga. Maka saya perintahkan Biro Kesra untuk mendata semuanya dan dilakukan pemeriksaan,” tegas Ganjar saat dijumpai Semarangpos.com di rumah dinasnya, Kamis (19/3/2020).

Dampak Corona, Okupansi Hotel di Semarang Anjlok

Ganjar meminta kepada semua masyarakat untuk taat kepada regulasi dan protokol keamanan yang telah dikeluarkan pemerintah. Apabila pemerintah telah melarang dilakukannya kegiatan yang menimbulkan kerumunan, maka harus ditaati.

“Kami tidak akan mempersulit, tapi ini pandemik yang harus dihadapi bersama. Ini memang menyedihkan, tapi harus dihadapi bersama-sama. Sebab kalau tidak, ini semakin mengerikan,” tegasnya.

Social distancing

Masyarakat diminta untuk melakukan social distancing dengan tidak bepergian terlebih dahulu apabila tidak mendesak. Kegiatan yang menimbulkan kerumunan, diminta untuk ditunda.

Cek Suhu Tubuh di Kantor Gubernur Jateng, Nindya Waswas Ketemu Virus Corona

“Kalaupun terpaksa harus hadir, tolong kami dilapori agar tahu dan dapat dilakukan pemeriksaan. Kami harap masyarakat membantu dengan menjalankan semua regulasi dan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan pemerintah,” tutupnya.

Ijtima Ulama di Gowa itu merupakan pertemuan ulama seluruh dunia yang rencana digelar Jumat (20/3/2020).

Namun karena adanya wabah virus corona acara itu akhirnya dibatalkan. Meski demikian, sekitar 8.600 orang dari berbagai daerah sudah tiba di Gowa untuk mengikuti acara tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.