Ganjar Pranowo Klaim PDI Perjuangan Juga Anti-PKI

Politikus PDIP yang kini tengah menjabat sebagai Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menegaskan PDIP juga orang beragama yang anti-PKI.

Ganjar Pranowo Klaim PDI Perjuangan Juga Anti-PKI Ganjar Pranowo. (Antara-Wisnu Adhi)

Semarangpos.com, SEMARANG — PDI Perjuangan jadi sorotan gara-gara menggagas Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila. Maklum saja, selain mencoba menegakkan Soekarnoisme, partai politik besutan Megawati Soekarnoputri itu dianggap menampung anasir-anasir berbau PKI.

Menanggapi tudingan itu, politikus PDI Perjuangan yang kini tengah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tegas membantah. Menurutnya, PDIP termasuk dalam barisan yang sesuai konstitusi dan dasar negara serta anti-PKI. “Dari video [pembakaran bendera PKI dan PDI Perjuangan] itu ada upaya menyudutkan bahwa seolah-olah PDI Perjuangan itu PKI. Maaf ya, tidak. Kita orang beragama, kita juga anti dengan PKI,” katanya, di Kota Semarang, Jateng, Kamis (25/6/2020).

Gadis Indigo Cerita Soal Pabrik Cerutu di Jogja, Eh Ada Suara Ketawa…

Ia meminta kader PDI Perjuangan tetap tenang dan tidak terpancing provokasi pembakaran bendera PDI Perjuangan. “Saya orang PDI Perjuangan sudah cukup lama. Saya bukan PKI. Kami PDI Perjuangan. Kami juga tidak setuju PKI. Itu sudah jelas. Jadi semua yang dilarang, kami tidak ada di sana. Kami ada di barisan yang sesuai konstitusi dan dasar negara,” ujarnya.

Menurut dia, DPP PDI Perjuangan sudah menyiapkan untuk mengambil langkah-langkah hukum dan itu merupakan cara terbaik karena PDI Perjuangan sudah sangat terbiasa bergerak secara konstitusional. “Ingat 1996. Bagaimana kita diinjak-injak gak karuan. Itu adalah perjuangan yang cukup panjang. Siapa yang menginjak-injak tidak ada yang tidak tahu? Semua tahu! Kami bertahan secara konstitusional dan Bu Mega memerintahkan ambil jalur hukum, cara itulah yang akhirnya kami dipercaya,” katanya.

Bendera PKI

Ganjar Pranowo justru mempertanyakan massa pembakar bendera itu memperoleh bendera PKI dari mana. “Saya gak tahu dapat benderanya PKI dari mana, pasti bendera PKI itu diproduksi. Menurut saya, penegak hukum ambil saja siapa yang membakar, Anda dapat bendera PKI dari mana? Dugaan saya mereka menyablon sendiri itu,” ujarnya.

Gubernur Jateng Pamerkan Tempat Ngopi di Bekas Kantor Raja Gula

Seperti diwartakan, beredar video demonstrasi penolakan RUU Haluan Ideologi Pancasila yang adalah inisiatif DPR melalui fraksi-fraksi partai politiknya di depan Gedung Parlemen di Jakarta, Rabu (24/6/2020). Dalam rekaman video aksi demonstrasi itu ditampilkan rekaman kejadian sejumlah demonstran membakar bendera.

Salah satunya adalah bendera PDI Perjuangan. Namun dalam wawancara yang disiarkan stasiun televisi ditegaskan penggagas demonstrasi itu bahwa pihaknya tidak pernah mengetahui adanya kejadian sebagaimana ditampilkan dalam rekaman video yang diributkan. Kalaupun ditemui hal semacam itu, ditegaskan pula bahwa perilaku semacam itu tak akan dibiarkan teejadi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.