Golkar Pastikan Usung Gibran di Pilkada Solo

Partai Golongan Karya atau Golkar resmi mengusung putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wali kota pada Pilkada Solo 2020.

Golkar Pastikan Usung Gibran di Pilkada Solo Gibran Rakabuming Raka memakai baju dengan logo PDIP saat akan mendaftar sebagai calon wali kota Solo di Kantor DPD PDIP Jateng di Kota Semarang, Kamis (12/12/2019) siang. (Semarangpos-Istimewa)

Semarangpos.com, SEMARANG — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar) memastikan akan mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota pada Pilkada atau Pilwalkot Solo 2020.

Selain memberikan rekomendasi untuk calon wali kota Solo, Golkar juga memberikan rekomendasi kepada calon kepala daerah/wakil kepala daerah di 15 daerah lain di Jateng yang menggelar Pilkada 2020.

Ke-15 daerah selain Solo itu yakni Wonogiri, Klaten, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Demak, Boyolali, Purbalingga, Purworejo, Kendal, Pekalongan, Kota Pekalongan, Pemalang, Kebumen, Blora, dan Grobogan.

Beberapa calon kepala daerah/wakil kepala daerah yang diusung Golkar itu hampir sama dengan yang diusung partai lain, seperti PDI Perjuangan.

Seperti di Wonogiri, Golkar juga memberikan rekomendasi kepada calon petahana dari PDIP, Joko Sutopo, yang berpasangan dengan Sriyono.

Pun demikian dengan calon di Kota Semarang. Golkar juga merekomendasikan calon petahana yang diusung PDIP, Hendrar Prihadi-Hevearita G. Rahayu.

Ketua DPD Golkar Jateng, Panggah Susanto, menyatakan partainya menargetkan 60% kemenangan di 16 daerah yang diusung itu.

“Kami menargetkan kemenangan di sejumlah daerah kantong Golkar yang selama ini menyumbang perolehan suara terbanyak pada pileg,” tutur Panggah di sela rapat koordinasi dengan 21 DPD II Golkar di kantornya, Jl. Kiai Saleh, Semarang, Kamis (4/6/2020).

Kader Golkar

Selain mengusung calon yang sama dengan partai lain, Golkar juga menempatkan kadernya untuk berpasangan dengan calon dari partai lain di sejumlah daerah, yakni Pemalang, Demak, Kendal, dan Kabupaten Semarang.

Di Pemalang, Golkar mengusung kadernya Eko Priyono sebagai calon wakil bupati (cawabup) untuk berpasangan dengan Agus Sukoco sebagai calon bupati (cabup) dari PDIP.

Begitu juga di Kendal, Golkar mengusung suami artis Chacha Federica, Dico M. Ganinduto, untuk berpasangan dengan calon petahana, Mirna Annisa, yang diusung PDIP.

Sementara itu di Solo, Golkar menempatkan Razali Ismail Ubait, untuk berpasangan dengan Gibran. Meski demikian, nama Razali hanya sebagai alternatif, jika nantinya PDIP tidak mengusung calon untuk mendampingi putra Presiden Joko Widodo tersebut.

“Kita akan mengikuti, Gibran dengan siapa,” imbuhnya.

Panggah mengaku keputusan mengusung Gibran di Pilkada atau Pilwalkot Solo ini sebenarnya sudah dipertimbangkan sejak awal. Namun, keputusan resmi baru diberikan DPP Partai Golkar dalam beberapa hari terakhir.

“Sejak awal kita kan memang mengusung Gibran. Dia tokoh muda, intelektual, dan diharapkan bisa memberikan perubahan di Kota Solo menjadi lebih baik,” tuturnya.

Berikut nama-nama calon yang mendapat rekomendasi Golkar untuk Pilkada 2020 di Jateng:

Wonogiri : Joko Sutopo-Sriyono

Klaten: One Krisnata – Endang Sri Karti Handayani

Semarang: Hendar Prihadi – Hevearita G. Rahayu

Demak: Eistianah – Joko Sutanto

Boyolali: Said Hidayat – wahyu Irawan

Purbalingga: Dayu Hayuningsih Pratiwi – Sudono

Purworejo: Agus Bastian – Yuli Astuti

Kendal: Mirna Annisa – Dico M. Ganinduto

Pekalongan: Farid Arafiq – Riswandi

Kota Pekalongan: mengikuti partai lain

Sragen: mengikuti partai lain

Pemalang: H.M. Agus Sukoco – Eko Priyono

Kebumen: Arif Sugiyanto – Ristawati Purwaningsih

Blora: Arief rohman – tri Yuli setyowati

Kabupaten Semarang : Bintang Narsasi – Gunawan Wibisono

Grobogan: Sri Sumarni – Bambang Pujiyanto

Sumber: DPD I Partai Golkar Jateng

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.