Ini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik PLN di Masa Pandemi Covid-19

PLN memberikan keringanan tagihan listrik bagi pelanggan bersubsidi 459 VA dan 900 VA menyusul masih mewabahnya virus corona.

Ini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik PLN di Masa Pandemi Covid-19 Ilustrasi meteran listrik. (pln.co.id)

Semarangpos.com, SEMARANG — PLN mulai memberlakukan pembebasan dan keringanan biaya tagihan bagi pelanggan listrik bersubsidi 450 volt ampere (VA) maupun 900 VA. Kebijakan ini diberlakukan sebagai menyusul kondisi negara yang tengah dilanda pandemi virus corona atau Covid-19.

Bagi pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei, dan Juni. Sedangkan untuk pelanggan pra-bayar dapat memperoleh keringanan dengan mengirimkan nomor ID pelanggan melalui aplikasi Whatsapps (WA) ke nomor 08122-123-123 atau website PLN di www.pln.co.id.

Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapat token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Sementara untuk pelanggan subsidi 900 VA pascabayar, keringanan akan diberikan setiap bulannya yakni 50% dari tagihan normal. Sedangkan untuk pelanggan pascabayar subsidi 900 VA, token listrik gratis 50% akan dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Mekanisme mendapatkan token gratis

1. Buka website www.pln.co.id, kemudian masuk ke menu pelanggan dan pilih kanal stimulus Covid-19.
2. Masukkan ID pelanggan atau nomor meter, kemudian toek gratis akan ditampilkan di layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis ke meteran sesuai ID pelanggan.
Atau bisa juga dengan mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123, dengan cara.
1. Mengirim pesan ke nomor 08122-123-123, kemudian tunggu petunjuk untuk memasukkan nomor ID pelanggan.
2. Token gratis akan dikirim dan pelanggan tinggal memasukkan token gratis ke meteran sesuai ID pelanggan.

Dengan ID pelanggan itu, pelanggan akan mendapat token senilai pemaikaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Berlaku 1 April

Saat ini ada 24 juta pelanggan rumah tangga 450 VA dan 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi yang mendapat keringanan tagihan. Data pelanggan yang mendapat keringanan itu tengah diproses dan kemungkinan selesai dalam sepekan ke depan.

“Proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik ini memang bertahap. Sudah dimulai sejak 1 April, paling lambat 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program ini,” ujar Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka, dalam keterangan resminya.

Terpisah, General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta, Feby Joko Priharto, mengatakan PLN memberi kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan keringanan biaya tagihan listrik.

“Bagi pelanggan yang tidak bisa menjangkau internet dan aplikasi WA, silakan menghubungi perangkat pemerintah setempat seperti RT dan RW untuk mendapat bantuan dalam hal akses,” terang Feby.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.