Jangan Lupa Coba Es Cincau Jika Datang ke Pecinan Semarang!

Es cao khas Pecinan Semarang disajikan Semarang Restaurant, Jl. Gajah Mada No.125, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Jangan Lupa Coba Es Cincau Jika Datang ke Pecinan Semarang! Es cao khas Pecinan Semarang yang disajikan di Semarang Restaurant, Jl. Gajah Mada No.125, Kota Semarang. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG — Akulturasi budaya Jawa, Tionghoa, dan Arab di Kota Semarang melahirkan aneka jenis karya kuliner lezat nan menggoda wisatawan. Sebut saja lumpia yang menjadi ikon kuliner Kota Semarang.

Saat kali pertama diperkenalkan warga Tionghoa, lumpia memiliki isian seperti daging babi. Namun, setelah bercampur dengan tradisi Jawa, isi lumpia pun berubah menjadi daging ayam dan rebung.

Namun, selain lumpia masih ada satu lagi kuliner yang menunjukkan akulturasi budaya China dan Jawa di Semarang. Kuliner itu tak lain adalah minumas es cincau atau sesuai pelafalan lokal disebut es cao.

Cao atau yang dalam bahasa Indonesia dibakukan dengan ejaan cincau memang kerap disajikan dalam minuman segar. Namun, es cao khas Pecinan Semarang memiliki rasa dan sajian yang berbeda.

Semarangpos.com berkesempatan mencicipi salah satu kuliner khas Semarang itu di Semarang Restaurant yang terletak di Jl. Gajah Mada, Kota Semarang, Selasa (14/1/2020).

Pemilik Semarang Restaurant, Jongkie Tio. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Saat disajikan, es cao khas Pecinan Semarang itu memang memiliki bahan-bahan yang lebih komplet dibanding es cincau yang biasa dijual di pasaran. Es cao milik Restoran Semarang itu terdapat beberapa isian seperti kelapa muda, irisan pepaya, kolang-kaling, irisan mangga, cincau, sari jeruk, sirup, hingga buah cermai.

“Ini yang membedakan es cao Pecinan dengan yang lain. Es cao di sini disajikan dengan kuah segar, karena ada perasan jeruk yang dipadu dengan sirup. Satu lagi, ada manisan buah cermai,” ujar Pemilik Semarang Restaurant, Jongkie Tio, kepada Semarangpos.com.

Menurut Jongkie, manisan buah cermai memang memberikan kesan spesial pada es cao khas Pecinan. Rasanya yang manis dan masam membuat es cao menjadi lebih nikmat. “Apalagi pohon buah cermai saat ini sudah sulit ditemui. Jadi kesannya lebih istimewa,” ujarnya.

Untuk mencicipi es cao khas Pecinan Semarang ini, Anda cukup merogoh kocek Rp20.000 untuk seporsinya. Selain es cao, Semarang Restaurant yang terletak di Jl. Gajah Mada No.125 itu juga menyajikan aneka kuliner tradisional seperti lumpia, Mie Jowo, lontong Cap Go Meh, hingga Timlo Solo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.