Jateng Borong Penghargaan Perencana Pembangunan Tingkat Nasional

Jateng memborong gelar juara pertama dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2020 bersama Kabupaten Temanggung dan Kota Semarang.

Jateng Borong Penghargaan Perencana Pembangunan Tingkat Nasional Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengikuti Musrenbangnas 2020 yang digelar secara virtual di tengah pandemi Covid-19. (Antara-Humas Pemprov Jawa Tengah)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memborong gelar juara pertama dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2020. Seperti dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari @kominfo_jtg, Jumat (1/5/2020), penghargaan untuk Pemprov Jateng itu tak hanya diperoleh pemerintah di level provinsi, tetapi juga di tingkat pemerintah daerah, yakni Kabupaten Temanggung dan Kota Semarang.

Pemerintah Provinsi Jateng, Pemerintah Kabupaten Temanggung, dan Pemerintah Kota Semarang masing-masing mendapat peringkat pertama untuk kategori perencanaan dan pencapaian tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Penprov Jateng menyisihkan beberapa kandidat lainnya, di bawah Jateng ada Provinsi Bengkulu dan Provinsi Jawa Timur. Sementara itu, Pemkab Temanggung menyisihkan Poso dan Bangka yang masing masing berada di posisi kedua dan ketiga. Kota Semarang juga demikian, ibu kota Jateng ini mengalahkan Kota Yogyakarta dan Kota Padang terkait Perencanaan dan Pencapaian Terbaik.

Ada Sosok Baik Hati Penunggu Rumah Harta Karun Semarang

Kantor Berita Antara melaporkan Pemprov Jateng meraih penghargaan sebagai provinsi terbaik dalam perencanaan pembangunan nasional sehingga menggungguli 33 provinsi lainnya di Indonesia. Gubernur Ganjar Pranowo, Kamis (30/4/2020), mengaku bangga atas pengakuan prestasi itu.

Terlebih lagi, katanya, jajarannya berhasil meraih penghargaan yang sama untuk tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. “Saya terima kasih pada kawan-kawan ASN yang bekerja luar biasa, kawan-kawan kelompok lain yang membantu serta partisipasi masyarakat dan perguruan tinggi. Ini kado bagus, tapi bukan terus membuat kita sombong, justru menjadi beban berat untuk kita merencanakan lebih baik lagi,” katanya.

Patut Dicontoh

Ganjar juga mengapresiasi kinerja bupati Temanggung dan wali kota Semarang yang telah berhasil membuat perencanaan pembangunan terbaiknya. Menurut dia, kedua pemimpin daerah itu hebat dan patut dicontoh oleh bupati maupun wali kota yang lain.

Cukup Pakai Nyayur.id, Warga Salatiga Seakan Bisa Panen Sayur

“Yang harus dilakukan adalah menjaga agar lebih substantif dan lebih responsif lagi ke depan. Perencanaan akan lebih prediktabel, dapat diperhitungkan dan menyangkut banyak sektor sehingga kalau meleset tidak terlalu jauh kecuali saat adanya pandemi seperti ini,” ujarnya.

Penghargaan tersebut ditetapkan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2020 secara virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Musrenbangnas itu diikuti Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan sejumlah jajaran kementerian lainnya.

Jawa Tengah dinilai terbaik dalam perencanaan pembangunan daerahnya karena inovasi dan pencapaian yang dihasilkan, termasuk beberapa program unggulan yang menjadikan Jateng terbaik seperti Satu OPD Satu Desa Binaan, program sekolah tanpa sekat, rumah sakit tanpa dinding, dan penanganan bencana, serta beberapa program lainnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.