Mulai Besok, KA Joglosemarkerto & KA Kamandaka Disetop

PT KAI memutuskan untuk menghentikan operasional KA Kamandaka dan KA Joglosemarkerto, imbas menurunnya jumlah penumpang selama pandemi virus corona.

Mulai Besok, KA Joglosemarkerto & KA Kamandaka Disetop Ilustrasi KA Joglosemarkerto. (Dok. Semarangpos.com - M.Ferri Setiawan)

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghentikan operasional Kereta Api (KA) Kamandaka dan KA Joglosemarkerto mulai Senin-Kamis (20-30/4/2020).

Kebijakan itu diberlakukan PT KAI menyusul rendahnya tingkat penumpang kedua kereta itu, dampak penularan virus corona atau Covid-19.

“Mulai besok Senin [20/4/2020], KA Kamandaka trayek Purwokerto-Semarang pulang pergi (PP) dan KA Joglosemarkerto yang mengitari tiga wilayah Daops, yakni Daops VI, IV, dan V, berhenti beroperasi,” terang Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daops) IV Semarang, Krisbiyantoro, Sabtu (18/4/2020).

Lelaki yang akrab disapa Kris itu mengatakan disetopnya operasional kedua KA itu tak terlepas semakin rendahnya tingkat penumpang kedua kereta tersebut.

Terlebih lagi, saat ini di salah satu wilayah Jateng, yakni Kota Tegal yang menjadi salah satu tujuan transit KA tersebut telah diberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

“Okupansi [tingkat penumpang] per harinya sejak April ini sangat rendah. Bahkan, tak sampai 24% saja,” imbuh Kris.

Selama ini KA Kamandaka memang menjadi andalan bagi pengguna kereta api, terutama yang berasal dari Semarang dan Purwokerto.

Sementara, KA Joglosemarkerto memiliki penumpang setia yang ada hampir di seluruh wilayah Jateng, seperti Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Semarang.

KA Joglosemarkerto tujuag Yogyakarta biasanya berangkat setiap hari dari Semarang pukul 14.55 WIB. Sedangkan tujuan Solo berangkat dari Semarang pukul 22.02. Sementara tujuan Tegal-Purwokerto-Yogyakarta-Solo dan berakhir di Semarang, berangkat pukul 08.09 WIB.

“Jadi mulai besok ada 6 lagi perjalanan KA yang dibatalkan, yakni tiga KA Kamandaka dan tiga KA Joglosemarkerto. Perjalanannya dibatalkan mulai 20-30 April, dan apabila kondisi masih seperti sekarang akan diperpanjang lagi,” jelas Kris.

Sebelum KA Kamandaka dan KA Joglosemarkerto dibatalkan, PT KAI Daops IV Semarang juga telah membatalkan 8 perjalanan KA lokal. Kedelapan perjalanan KA itu terdiri dari 4 KA Kaligung dan 4 KA Kedung Sepur.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.