Tutup Iklan

Nikmatnya Pecel Keong di Muncul dekat Salatiga

Pecel merupakan makanan populer di DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pecel biasa disajikan dengan olahan lain, salah satunya keong di Muncul dekat Salatiga.

Nikmatnya Pecel Keong di Muncul dekat Salatiga Unggahan Youtube Dyodora saat melakukan penjelajahan kuliner di seputaran Kota Salatiga hingga singgah di warung nasi pecel keong di Kabupaten Semarang. Rabu (10/6/2020). (Youtube-Dyodoran)

Semarangpos.com, SALATIGA Pecel merupakan makanan yang populer di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Pecel biasa disajikan dengan berbagai olahan lain, salah satunya keong yang dijual di Muncul, dekat Salatiga.

Warung yang menjajakan pecel keong ini antara lain berada di Jl. Raya Muncul, Dusun Rowoganjar, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Warung yang dilabeli nama Warung Pecel Mbak Toen itu bahkan terbilang legendaris di seputaran Kota Salatiga, Jawa Tengah.

“Warung ini sudah berpuluh-puluh tahun, sekitar tahun 70-an,” ucap Titin, pelayan Warung Pecel Mbak Toen yang muncul dalam video berjudul Spesial Pecel Keong, Warung Mbak Toen Salatiga yang diunggah Dyodoran di Youtube, Rabu (10/6/2020).

Mengenal Huk, Motif Batik Para Penguasa

Jangan bingung dengan judul videonya. Dyodoran mungkin sudah lazim dikenal sebagai youtuber yang kesulitan belajar Geografi. Tatkala ia membahas tentang sate sapi misalnya, dia mengabaikan kenyataan Kecamatan Suruh sebagai bagian dari Kabupaten Semarang sebagaimana dia ia menyebut Kecamatan Banyubiru sebagai bagian dari bekas ibu kota Kabupaten Semarang itu.

Tatkala membahas pecel khas Warung Mbak Toem di Muncul ini pun, ia seakan lupa tentang keistimewaan Rawa Pening sebagai pemasok bahan-bahan makanan khas tempat makan tersebut. Sebagaimana diketahui, pecel adalah penganan yang dikombinasikan dengan sayur-mayur dan lauk pauk. Nikmatnya , pecel khas Warung Mbak Toem adalah lauk-pauk yang diolah dari sumber daya danau Rawa Pening, seperti ikan wader, belut, dan keong.

“Yang paling spesial nasi pecel keong, nasi pecel belut, nasi pecel ayam juga ada, nasi pecel mujair, dan pepes ada,” papar Titin kepada Dyo.

Museum Lawang Sewu Semarang Kembali Dibuka

Bukan hanya nasi pecel sebagai hidangan utama, Warung Mbak Toem juga menyediakan ketan kolak pisang sebagai hidangan pelengkap yang manis. “Yang spesial juga ketan kolak pisang, ada ketannya dan pisang kepok jawa,” tutur Titin.

Aneka Keripik

Warung tersebut juga menyediakan keripik-keripik yang bisa  dinikmati bersama pecel. “Mulai dari peyek kacang, keripik pare, keripik bayam, belut tepung, belut tanpa tepung,” sambung pelayan warung tersebut.

Warung Pecel Mbak Toen ini mulai buka pukul 08.00 WIB sampai 17.30 WIB. Satu porsi nasi pecel keong bisa dinikmati dengan harga Rp12.500.

Youtuber Tanboy Kun Sarapan Pedas di Solo, Ini Menunya…  

Dyo langsung memesan satu porsi nasi pecel keong dan ketan kolak pisang. “Keongnya kenyal, ini saya campur jadi satu dengan pecelnya benar-benar semlidut, lezatos. Dari sambel kacangnya gak halus, ada sensasi kres-kres,” ungkap Dyo.

Bukan hanya nasi pecel keong, Dyo juga mencicip aneka gorengan seperti belut dan bakwan untuk menghabiskan nasi pecel keong tersebut.

Selanjutnya Dyo langsung mencoba semangkok ketan kolak pisang. “Pisangnya menggunakan pisang raja jawa, ketannya benar-benar meprel,untuk kuah yang bersantan ini manisnya pas. Kolak ini disajikan waktu hangat, baru kali ini aku makan ketan kolak selama penjelajahan kuliner,” tuntas Dyo sambil menikmati ketan kolak pisang tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.