PDIP Jateng Gelar Fit & Propher Test Sabtu, 211 Kandidat Bakal Diuji

PDIP Jateng akan menggelar fit and propher test kepada 211 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada 2020, termasuk Gibran Rakabuming Raka.

PDIP Jateng Gelar Fit & Propher Test Sabtu, 211 Kandidat Bakal Diuji Gibran Rakabuming Raka berjalan menuju Kantor DPD PDIP Jateng di Kota Semarang, Kamis (12/12/2019). (Semarangpos.com-Tim Relawan Gibran)

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 211 bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mencalonkan diri pada Pilkada 2020 di Jawa Tengah (Jateng) melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan melakoni fit and propher test, Sabtu (21/12/2019).

Tes akan digelar di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jateng atau yang akrab disebut Panti Marhaen, Kota Semarang.

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu), Bambang Hariyanto Baharudin, menyebutkan 211 peserta tersebut merupakan balon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah mendaftar sebagai kandidat yang akan diusung PDIP pada Pilkada 2020 di Jateng.

“211 peserta yang ikut tes nanti merupakan bakal calon yang sudah mendaftar di PDIP, baik itu di DPC [dewan pimpinan cabang] maupun di DPD. Sesuai instruksi dari partai, semua kandidat harus menjalani tes di DPD. Setelah itu, yang lolos akan menjalani tes lagi di DPP,” ujar Bambang kepada Semarangpos.com, Jumat (20/12/2019).

Bambang menambahkan untuk mengakomodasi seluruh peserta, pihaknya akan menerjunkan 54 petugas partai. Ke-54 petugas partai ini akan dibagi dalam 18 tim penguji, yang setiap timnya terdiri dari tiga orang.

“Jadi, nanti satu tim itu ada tiga orang. Satu orang bertugas sebagai pewawancara inti, satu orang pendamping, dan satu orang lagi sebagai notulen. Jumlahnya ada 18 tim,” terang Anggota Komisi A DPRD Jateng itu.

Dari sederet nama peserta yang akan melakoni tes itu beberapa di antaranya merupakan tokoh yang sudah memiliki popularitas di tengah masyarakat. Mereka antara lain putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, dan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, yang bersaing untuk mendapat rekomendasi sebagai calon wali kota Solo pada Pilkada 2020.

Selain itu ada juga beberapa calon petahana atau yang saat ini masih menjabat sebagai bupati yang mengikuti tes, seperti Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Bupati Klaten, Sri Mulyani, dan lain-lain.

Demi mengakomodasi seluruh kandidat dalam menjalani tes, DPD PDIP Jateng rencana menggelar tes dalam tiga sesi. Sesi pertama digelar mulai pukul 08.00 WIB-11.00 WIB, dilanjutkan pukul 11.00 WIB-14.00 WIB, dan terakhir pada pukul 14.00 WIB-16.00 WIB.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.