Pemkot Magelang Siap Tambah Jalur Sepeda

Pemkot Magelang melalui Dinas Perhubungan akan mengajukan penambahan jalur khusus sepeda kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pemkot Magelang Siap Tambah Jalur Sepeda Ilustrasi jalur sepeda di Kota Magelang, Jateng. (jatengprov.go.id)

Semarangpos.com, MAGELANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, Jawa Tengah (Jateng) berencana menambah jalur khusus bersepeda. Tambahan jalur sepeda di Kota Magelang itu akan ditempatkan di ruas Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Suprapto, dan Jl. Ikhlas.

“Kami sudah mengirimkan proposal pengajuan tambahan jalur khusus sepeda ke Kementerian Perhubungan [Kemenhub]. Tambahan jalur ada di Jalan Sudirman, Jalan Suprapto, dan Jalan Ikhlas,” jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Candra Wijatmiko, dikutip dari laman Internet Pemprov Jateng, Jumat (19/2/2021).

Candra menambahkan sebelum mengirim proposal pengajuan tambahan jalur sepeda, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Satpol PP, Bappeda, DPU, dan DLH. Selain itu, pihaknya juga berkomunikasi dengan tiga komunitas pesepeda Magelang.

Baca juga: Antusias Warga Tinggi, Jalur Sepeda di Semarang Banyak Jadi Lahan Parkir

“Kita ingin masukan dari pihak-pihak terkait soal penambahan jalur khusus sepeda ini. Masukan ini penting untuk kita mengajukan proposal ke Kemenhub. Proposal sudah kami kirimkan dengan nilai proyek sekitar Rp800 juta. Semoga dapat diterima dan bisa terealisasi di tahun 2021 ini,” jelasnya.

Tidak hanya markah jalur, kata Candra, pihaknya juga menyertakan dalam proposal itu parkir portabel untuk ditempatkan di sejumlah titik. Di antaranya alun-alun sebanyak empat unit, Taman Trunan dua unit, Taman Badaan dua unit, dan Taman Ahmad Yani dua unit.

“Untuk rambu petunjuk belum kita masukkan ke dalam proposal. Tahun 2020 lalu, rambu petunjuk kita belanjakan dengan APBD sebanyak 18 buah,” tuturnya.

Sembilan Ruas

Pada 2020, Dishub Kota Magelang telah membuat markah khusus jalur sepeda pada sembilan ruas jalan protokol. Markah jalur sepeda itu juga dilengkapi rambu, traffic cone, dan water barrier.

Saat ini, jalur di Jalan Jenderal Sudirman disambungkan dengan jalur yang sudah ada sebelumnya sampai ke selatan hingga persimpangan Trio.

“Jadi, jalurnya hanya satu sisi di sebelah kiri dari arah utara,” imbuh Candra.

Baca juga: Hore! Semarang Kini Punya Jalur Khusus Sepeda

Sementara untuk jalur khusus di Jalan Ikhlas, awalnya di sepanjang jalan tersebut dari area Tugu Paku Tidar sampai Tugu Adipura. Namun, karena ada usulan dari masyarakat agar dibuat juga jalur di Jalan Suprapto, maka jalur tersebut sekaligus diajukan.

“Pada saat rapat di kantor, ada usulan dari komunitas pesepeda agar ada juga jalur di Jalan Suprapto dari kawasan Pasar Sidomukti sampai pusat perbelanjaan Giant. Namun, masih dipertimbangkan apakah lewatnya Pasar Sidomukti atau lewat kantor Pegadaian,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.