Penukaran Uang Baru Lebaran, BI Jateng Siapkan Rp7,4 Triliun

Kantor Perwakilan Bank Indonesia atau BI Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan pecahan uang mencapai Rp7,4 triliun untuk penukaran uang baru pada Lebaran 2021.

Penukaran Uang Baru Lebaran, BI Jateng Siapkan Rp7,4 Triliun Ilustrasi uang baru. (Dok. Semarangpos.com-Burhan Aris Nugraha)

Semarangpos.com, SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan uang pecahan mencapai Rp7,4 triliun untuk penukaran uang baru pada Lebaran 2021.

Jumlah uang pecahan yang disiapkan itu meningkat sekitar 25% atau setara Rp1,8 triliun dibanding Lebaran tahun lalu.

“Peningkatan ini menunjukkan adanya peningkatan perekonomian baik di skala kota/kabupaten maupun provinsi dan nasional. Penyediaan kebutuhan uang tuna itu telah memperhatikan berbagai asumsi makro ekonomi terkini dan kondisi terkait persebaran pandemi Covid-19,” tulis Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Pribadi Santoso, dalam keterangan resmi.

Baca juga: Operasi Siang Hari, Satpol PP Semarang Ciduk 8 PSK di Kota Lama

Pribadi menyebutkan secara nasional, BI menyiapkan uang tunai mencapai Rp152,14 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri. Jumlah itu naik sekitar 39,33% atau setara Rp42,94 triliun dari tahun lalu.

Sedangkan untuk wilayah Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), BI menyiapkan uang tunai mencapai Rp22,10 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran. Angka itu naik sekitar 42% dibanding tahun lalu, atau sekitar Rp6,45 triliun.

“BI juga mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QRIS [QR Code Indonesian Standard],” imbuhnya.

Outlet

Pribadi menambahkan pada masa pandemi Covid-19, penukaran uang bisa dilayani di seluruh kantor bank yang tersebar di Indonesia. BI juga melakukan sinergi dengan perbankan dalam memberikan layanan prima untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah di masyarakat dalam jumlah yang cukup, khususnya selama bulan Ramadan.

“Agar lebih menjangkau masyarakat, BI bersinergi dengan bank membuka outlet layanan penukaran sebanyak 56 jaringan kantor bank dengan titik penukaran 114 titik. Masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran itu mulai 12 April hingga 11 Mei 2021,” terangnya.

Baca jugaPenukaran Uang Baru di Jepara Tetap Menjamur saat Pandemi Covid-19

Lebih lanjut, Pribadi menyebut BI memberi kesempatan pada masyarakat untuk mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI atau uang pecahan Rp75.000 melalui penukaran di seluruh kantor BI dan jaringan kantor bank. UPK 75 Tahun RI bisa digunakan untuk bertransaksi dan berbagi selama bulan Ramadan.

“Untuk mendapatkan UPK 75 RI, masyarakat bisa memesan melalui aplikasi penukaran PINTAR di https://pintar.bi.go.id. Menggunakan 1 KTP untuk penukaran maksimal 100 lembar UPK 75 RI setiap harinya dan dapat diulang pada hari berikutnya.”

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.