Perusahaan Karoseri Bus asal Jateng Ini Luncurkan Bus yang Aman dari Covid-19

Perusahaan karoseri bus asal Jateng, Laksana, meluncurkan dua bus yang diklaim mampu mengurangi risiko penularan Covid-19.

Perusahaan Karoseri Bus asal Jateng Ini Luncurkan Bus yang Aman dari Covid-19 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat meninjau bus buatan CV. Laksana yang diklaim mampu meminimalisasi penularan Covid-19 di depan kantornya, Senin (15/12/2020) sore. (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG –  Perusahaan karoseri bus asal Jawa Tengah (Jateng), Laksana, meluncurkan dua bus yang diklaim mampu mengurangi risiko penularan Covid-19.

Bus yang diberi label Bio Smart and Safe Bus itu terdiri dari bus penumpang dan bus bio laboratorium. Bus itu dibuat dengan standar tinggi guna meminimalisasi penularan Covid-19.

Direktur Teknik Laksana Bus, Stefan Arman, mengatakan bus didesain dengan mempertimbangkan tiga aspek. Ketiga aspek itu yakni aspek lingkungan (environment), aspek patogen dengan pengaplikasian lapisan nano silver yang dapat mengurai virus atau pada interior bus, dan aspek host atau penumpang dengan penggunaan masker khusus dengan kandungan herbal.

Permintaan Naik, Laksana Targetkan Penjualan 1.500 Bus

“Aspek lingkungan sudah mengadopsi tata letak kursi 1-1-1 atau physical distancing. Sistem yang membedakan dengan bus pada umumnya adalah sirkulasi udara yang sudah mengadopsi sistem sirkulasi udara di pesawat,” kata Stefan saat memperkenalkan bus di kompleks Kantor Pemprov Jateng, Kota Semarang, Senin (14/12/2020) sore.

Stefan menjelaskan, sistem sirkulasi udara dingin yang dihembuskan melalui AC langsung bertikal ke bawah. Udara itu kemudian dihisap dan disalurkan ke 3 tahapan filter yaitu prefilter, HEPA grade filter, dan UV C.

“Diharapkan dengan sistem sirkulasi udara yang baru ini bisa meminimalkan atau mengurangi viral load yang ada di dalam kabin bus,” ungkapnya.

Desain bus buatan CV Laksana yang menerapkan physical distancing guna mengurangi risiko penularan Covid-19.

Bus Laboratorium

Sementara terkait unit bus laboratorium, Stefan menyatakan bus tersebut merupakan prototipe pertama dari Laksana yang memodifikasi kendaraan bus untuk laboratorium. Pada dasarnya bus tersebut sama dengan bus-bus laboratorium yang sudah ada. Bedanya, bus buatan Laksana itu memiliki banyak ruangan tersekat dengan bio safety level tinggi.

“Biasanya bus laboratorium hanya memiliki satu ruangan. Desain kami memiliki dua ruangan tersekat, sehingga lebih meminimalisasi persebaran bakteri atau virus,” ujarnya.

Kasus Pertama Di Salatiga, Nakes Meninggal Gegara Covid-19

Lebih lanjut, bus tersebut rencana didistribusikan ke daerah-daerah yang tidak memiliki fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan laboratorium.

“Bus ini nantinya akan digunakan untuk tes PCR atau swab dengan menjangkau area atau daerah terpencil,” jelasnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengapresiasi produk bus dari Karoseri Laksana itu. Menurutnya, bus itu bisa menjadi alternatif transportasi yang aman pada masa pandemi Covid-19,

“Busnya bagus. Bisa jadi alternatif di tengah situasi seperti ini,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.