PKK Jateng Pasok Makanaan Bergizi Garda Depan Penanggulangan Covid-19

Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah memasok bantuan makanan bergizi bagi garda terdepan perawatan pasien korban pandemi Covid-19 Jateng.

PKK Jateng Pasok Makanaan Bergizi Garda Depan Penanggulangan Covid-19 Ketua TP PKK Provinsi Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo (kiri) menyerahkan bantuan makanan bergizi untuk para tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 kepada Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSUP dr. Kariadi Sri Yuniarti Rahayu, di Kota Semarang, Selasa (31/3/2020). (Antara-Diskominfo Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah memasok bantuan makanan bergizi bagi para tenaga medis dan paramedis yang tengah berjuang di RSUP dr. Kariadi Semarang. Mereka yang dibantu PKK Jateng itu adalah garda terdepan perawatan pasien korban pandemi Covid-19.

Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo kepada Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSUP Dr Kariadi Sri Yuniarti Rahayu, Selasa (31/3/2020). “Bantuan berupa buah-buahan, susu, dan madu ini mungkin sangat tak banyak. Namun, ini merupakan bentuk nyata dukungan kepada paramedis,” aku perempuan yang akrab disapa Atik itu.

Menurutnya, ibu-ibu PKK sebagai masyarakat dan TP PKK Jateng mengapresiasi perjuangan dan keikhlasan para petugas medis dalam menjaga masyarakat tetap sehat. “Semoga pandemi segera berakhir,” ujarnta penuh harap.

Karpet Digulung Karena Virus Corona, Inskripsi Masjid Menara Kudus Tersingkap

Dalam kesempatan tersebut, Atik mengingatkan bahwa keluarga menjadi garda terdepan untuk mencegah persebaran virus corona jenis baru penyebab Covid-19. Keluarga adalah kunci agar warga masyarakat tak ikut tertular dan menjadi sakit.

Keluarga, lanjutnya, adalah kluster terkecil dari negara yang memiliki peran untuk mengedukasi pencegahan persebaran penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Karena itulah, para kader PKK mampu menggugah kesadaran warga agar memperkuat peran keluarga.

Peran Ibu-Ibu PKK

“Mereka berperan menyosialisasikan bagaimana makan dengan gizi seimbang, menjaga jarak antarorang (physical distancing). Kalau keluarganya beraktivitas di luar rumah prosedurnya harus seperti apa, nah peran ibu-ibu kader PKK itulah yang mengedukasi,” jelas Atikoh.

Ia menjelaskan kader PKK juga berperan dalam mengawasi lingkungan sekitar terutama terkait dengan banyaknya pemudik yang pulang kampung di antaranya para kader harus melakukan edukasi tentang pentingnya lapor ke rukun tetangga atau rukun warga jika ada dari mereka yang sakit. Dengan demikian, mereka bisa segera mendapatkan bantuan medis.

Pencuri Kudus Tetap Operasi di Musim Covid-19, Vespa Jadul Dijual Pretelan

Kader PKK, imbuh Atik, juga diimbau tidak melakukan kegiatan luar rumah terlalu sering sehingga penyampaian materi edukasi bisa melalui teknologi informasi, seperti Whatsapp Group.

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSUP dr. Kariadi Sri Yuniarti Rahayu menerima dengan baik bantuan dari TP PKK Jateng. “Tadi sudah disampaikan, bahwa garda terdepan adalah masyarakat. Kami di rumah sakit adalah garda terakhir. Semakin kuat garda depan, akan memberikan dampak yang besar pula,” kata Sri Yuniarti.

Bantuan tersebut, kata Sri Yuniarti, akan didistribusikan kepada paramedis yang bersentuhan langsung dengan para pasien Covid-19. “Bantuan ini merupakan bentuk perhatian kepada kami dan akan langsung didistribusikan pada tenaga medis yang menangani pasien Covid-19,” tutup Yuniarti.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.