PMI Grobogan Sambangi Desa demi Penuhi Stok Darah

PMI Grobogan terkendala memenuhi stok darah bagi kegiatan kemanusiaan akibat kebijakan di rumah saja dan libur sekolah yang cukup panjang.

PMI Grobogan Sambangi Desa demi Penuhi Stok Darah Suasana sumbang darah massalk di halaman Kantor Bawaslu Grobogan. (Semarangpos.com-Istimewa)

Semarangpos.com, PURWODADI — Kebijakan di rumah saja dan libur sekolah yang cukup panjang menjadi kendala bagi PMI Grobogan memenuhi stok darah bagi kegiatan kemanusiaan. Kendati demikian, stok darah di Kabupaten Grobogan masih tergolong aman.

Ketersediaan stok darah itu karena masih ada donor yang mendatangi Kantor PMI Grobogan. “Kami [PMI Grobogan] juga jemput bola dengan menyambangi para pendonor di desa-desa. Kami juga sampaikan ke masyarakat pendonoran darah selama pandemi Covid-19 tetap aman,” jelas  Kasi Bina Pelayanan Unit Donor Darah (UDD) PMI kabupaten Grobogan Akhmad Jamari kepada Semarangpos.com, Minggu (19/4/2020).

Upaya tersebut ternyata mendapat respons baik dari masyarakat. Hingga Rabu (22/4/2020), PMI Grobogan sudah memiliki jadwal pelaksanaan sumbang darah di sejumlah desa. Di hari itu, lanjut dia, sumbang darah massal dilaksanakan di Desa Penganten, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Gedung Marba, Bangunan Eksotis Sarat Sejarah

“Ada juga pendonor yang datang ke PMI Grobogan di Jl. Kapten Piere Tendean No. 5A, Purwodadi. Termasuk juga instansi pemerintah atau organisasi masyarakat, sehingga stok darah masih aman,” jelas Jamari.

Sumbang Darah Polres

Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mendonorkan darah di PMI Grobogan. (Semarangpos.com-Istimewa)
Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mendonorkan darah di PMI Grobogan. (Semarangpos.com-Istimewa)

Salah satu penghimpunan donor darah sukarela secara massal di Unit Trasfusi Darah PMI Kabupaten Grobogan dilakukan jajaran Polres Grobogan. Menurut Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, kegiatan itu dilaksanakan sesuai imbuan Kapolri.

Kegiatan pada Sabtu (18/4/2020) tujuannya untuk menjaga stok darah di PMI selama pandemi Covid-19. “Sebelum melakukan pendonoran anggota Polres Grobogan yang hendak mendonorkan darah dilakukan pengecekan. Pengecekan kondisi kesehatan untuk menentukan layak mendonorkan atau tidak,” jelas Kapolres.

Inilah Do It Yourself Masker ala Gubernur Jateng

Perwira Urusan Kesehatan (Paur Kes) Polres Grobogan Ipda Hardono mengungkapkan selain menjalankan tugas menjaga keamanan anggota, Polri juga gencar melakukan kegiatan kemanusiaan. Salah satunya menyumbangkan darah di PMI. “Ada sekitar 110 pendonor [anggota Polres Grobogan] yang berpartisipasi dalam kegiatan pendonoran darah,” ujarnya.

Selain Polres Grobogan, Bawaslu Grobogan juga menggelar sumbang darah massal. Aksi sosial tersebut dilaksanakan dalam rangka HUT ke-12 Badan Pengawas Pemilu Grobogan. Pelaksanaan sumbang darah dilakukan di dalam mobil layanan donor darah keliling.

“Ada 30 orang yang ikut mendonorkan darah, yaitu komisioner dan [anggota] staf Bawaslu Grobogan, pengawas pemilu nonaktif , warga, dan pegawai di sekitar Kantor Bawaslu,” kata Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti kepada wartawan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.