Polda Jateng Cegah 3.400 Kendaraan Balik ke Perantauan

Kapolda Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengklaim jajaran Polda Jateng sudah mencegah dan memerintahkan putar balik 3.400 kendaraan hingga H+7 Lebaran.

Polda Jateng Cegah 3.400 Kendaraan Balik ke Perantauan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengecek penyekatan di gerbang jalan tol Kalikangkung Semarang, Sabtu (30/t5/2020). (Antara-Immanuel Citra Senjaya)

Semarangpos.com, SEMARANG — Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengklaim jajarannya sudah mencegah  3.400 kendaraan dengan pelat nomor luar provinsi ini meninggalkan Jateng hingga tujuh hari setelah Lebaran. Ribuan kendaraan itu diperintahkan jajaran Polda Jateng putar balik.

“Hingga H+7 ini ada 3.400 kendaraan yang melintas di 13 pintu masuk Jawa Tengah yang diputar balik,” kata Kapolda Jateng saat mengecek penyekatan di gerbang jalan tol Kalikangkung Semarang, Sabtu (30/t5/2020).

Mahasiswa Sebar Foto Telanjang Kekasih, Polisi Banyumas Bergerak

Menurut dia, kendaraan dengan tanda nomor kendaraan dari luar Jawa Tengah dengan tujuan berbagai wilayah di luar provinsi ini yang diperintahkan jajaran Polda Jateng putar balik semakin menurun. Ia mengungkap dugaan hal tersebut akibat semakin tingginya kesadaran masyarakat akan larangan mudik saat pandemik Covid-19 ini.

Pengangguran Baru

Sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, pucuk pimpinan polisi Jateng itu tak menyinggung soal faktor pemutusan hubungan kerja alias PHK. Bisa jadi rendahnya angka itu dipicu semakin susutnya warga mudik yang hendak balik ke perantauan. Sebagian public figur bijaksana lain mengkhawatirkan Covid-19 memicu meledaknya pengangguran pascaserangan virus corona jenis baru. 

Sementara itu, pada masa sebelum Lebaran Idulfitri 1441 H, kata dia, petugas telah memutar balik 5.400 kendaraan yang diduga akan mudik ke Jawa Tengah. Dengan masih adanya ribuan kendaraan berpelat nomor luar kota yang hendak balik, bisa ditaksir kebocoran kendaraan yang masuk Jateng sebelum Lebaran 2020.

Wali Kota Akui Potensi New Normal Semarang Mundur

Ia mengatakan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2020 akan diperpanjang sepekan ke depan hingga 7 Juni 2020. Dengan kata lain upaya penyekatan dan perintah putar balik bakal dilanjutkan jajaran Polda Jateng hingga sepekan ke depan.

Dalam pengecekan di gerbang jalan tol Kalikangkung, kapolda menyempatkan diri mengecek proses pemeriksaan suhu tubuh penumpang mobil. Hanya mereka dengan sushu tubuh normal yang diizinkan melintas oleh petugas gabungan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.