Ronda Malam, 2 Warga Salatiga Positif Covid-19 dari Klaster Cempaka

Kasus persebaran virus corona atau Covid-19 dari klaster Cempaka di Kota Salatiga kembali bertambah, kali ini dua laki-laki yang bertugas ronda malam.

Ronda Malam, 2 Warga Salatiga Positif Covid-19 dari Klaster Cempaka Ilustrasi Covid-19. (Freepik)

Semarangpos.com, SEMARANG — Kasus positif Covid-19 di Kota Salatiga terus menunjukkan peningkatan. Data terbaru, ada tambahan dua pasien positif Covid-19 di Salatiga dari klaster baru yang disebut klaster Cempaka per Jumat (29/5/2020).

Klaster Cempaka merupakan sebutan untuk kasus persebaran Covid-19 yang terjadi di Jl. Cempaka, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Dengan adanya tambahan dua pasien baru ini, praktis sudah ada 11 orang yang dinyatakan terpapar Covid-19 di Salatiga dari klaster Cempaka.

Rapid Test Massal di Pasar Pagi, 9 Orang Reaktif Covid-19

Bahkan dari 11 pasien itu, dua di antaranya merupakan bayi di bawah lima tahun (balita). Dua balita itu yakni pasien kasus ke-28 dan pasien kasus ke-36.

Awal persebaran Covid-19 dari klaster Cempaka ini bermula dari pasien kasus ke-25 dan 26, yang merupakan perempuan berusia 26 tahun dan perempuan berusia 49 tahun.

Namun, penularan virus corona itu menyebar hingga ke pasien kasus ke-28, 35, 36, 37, 38,39, dan 40.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Salatiga, Siti Zuraida, mengatakan dua pasien baru dari klaster Cempaka yang terdeteksi Jumat ini merupakan laki-laki. Satu pasien berusia 68 tahun dan satu lagi berusia 30 tahun.

“Keduanya dari Kelurahan Sidorejo Lor,” ungkap Zuraidah, Jumat.

Kasus Corona Klaster Pasar Kobong Semarang Merambah Salatiga

Zuraidah tidak menyebutkan secara pasti penularan dua pasien baru klaster Cempaka itu. Meski demikian, ada dugaan dua laki-laki itu tertular dari kegiatan ronda malam.

Pakai masker

“Kami menyoroti dua kasus baru ini berasal dari tugas ronda malam. Bukannya ronda atau hal lain yang ingin kita soroti, tapi mohon diperhatikan di semua aktivitas harus mentaati protokol kesehatan,” ujar Zuraidah.

Lebih lanjut, Zuraidah mengatakan protokol kesehatan yang harus dipatuhi itu seperti menerapkan physical distancing, mengenakan masker, dan sering mencuci tangan dengan air yang mengalir.

Dengan penambahan dua pasien itu, praktis saat ini total kasus positif Covid-19 di Salatiga menjadi 45 orang. Dari jumlah sebanyak itu, 30 orang di antaranya masih menjalani perawatan dan 15 orang telah dinyatakan sembuh.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.