RSUD Wongsonegoro Semarang Overload Pasien Covid-19, 16 Orang Antre di IGD

Jumlah pasien Covid-19 di RSUD Wongsonegoro, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) terus bertambah hingga membuat ruang ICU penuh.

RSUD Wongsonegoro Semarang Overload Pasien Covid-19, 16 Orang Antre di IGD RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang atau yang populer disebut RS Ketileng merawat satu pasien positif virus corona. (rsud.semarangkota.go.id)

Semarangpos.com, SEMARANG – RSUD Wongsonegoro, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengalami kelebihan kapasitas untuk merawat pasien Covid-19. Bahkan, ruang isolasi di rumah sakit yang populer disebut RS Ketileng itu sudah terisi penuh.

Hal itu disampaikan Direktur Utama (Dirut) RSUD Wongsonegoro, Susi Herawati, saat dihubungi Semarangpos.com, Senin (7/12/2020).

“Saat ini [ruang isolasi] sudah penuh. Rumah sakit penuh, Gedung diklat juga,” ujar Susi.

Polisi Tangkap Penyebar Video Azan Jihad dari Tegal

Susi mengatakan saat ini total ada sekitar 173 pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Wongsonegoro. Ratusan pasien itu terdiri dari pasien dengan kondisi berat dan sedang, serta pasien yang dalam taraf pemulihan.

“Untuk pasien yang berat dan sedang kita tempatkan di rumah sakit, sedangkan yang pemulihan ditempatkan di gedung diklat,” ujarnya.

Untuk pasien yang mengalami kondisi kritis dan sedang atau menjalani perawatan, RSUD Wongsonegoro akan menempatkan di ruang intensive care unit atau ICU. Total ada 14 ruang ICU yang dimiliki RSUD Wongsonegoro dan saat ini sudah penuh terisi.

“Kita punya 14 ruang ICU dan saat ini sudah terisi penuh. Untuk sementara ada tambahan pasien kita tempatkan di IGD [instalasi gawat darurat]. Ada 16 pasien yang mengantre di IGD,” ungkap Susi.

Sementara itu, untuk ruang pasien pemulihan Covid-19 yang berada di gedung diktat, Susi mengaku menyediakan 77 ruangan. Namun, saat ini 51 ruangan sudah terisi atau tersisa sekitar 34%.

Tambah ICU

Menghadapi kondisi ini, Susi pun mengaku pihaknya akan menambah ruang ICU. Hal itu dikarenakan pasien yang dirawat rata-rata kondisinya cukup mengkhawatirkan.

“Rencana kita akan tambah 12 ruang ICU. Tapi, ya enggak bisa secepatnya karena membuat ruang ICU itu tidak mudah. Kita targetkan pekan depan,” ujarnya.

Isolasi Mandiri Tak Disiplin, Jateng Bakal Dirikan Pusat Karantina Covid-19

Jumlah pasien Covid-19 di RSUD Wongsonegoro ini pun berpotensi terus bertambah. Mengingat, kasus positif Covid-19 di Kota Semarang yang terus bertambah.

Dikutip dari laman Internet siagacorona.semarangkota.go.id, total ada penambahan kasus positif Covid-19 mencapai 293 orang dalam tiga hari terakhir, Sabtu-Minggu (5-7/12/2020).

Sementara total kasus positif Covid-19 di Kota Semarang hingga hari ini mencapai 15.509 orang. Perinciannya, 771 orang masih dirawat, 13.470 orang dinyatakan sembuh, dan 1.268 orang meninggal dunia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.