Salatiga Butuh 110.000 Vaksin Covid-19

Pemerintah Kota atau Pemkot Salatiga, Jawa Tengah akan mengajukan kebutuhan vaksin sekitar 110.000 dosis berdasarkan warga rentang usia 18-59 tahun.

Salatiga Butuh 110.000 Vaksin Covid-19 Wali Kota Salatiga, Yuliyanto. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.

Semarangpos.com, SALATIGA — Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) akan mengajukan vaksin Covid-19 sekitar 110.000 dosis. Kebutuhan itu sesuai dengan jumlah warga Salatiga yang berusia antara 18-59 tahun, sesuai kelompok usia yang menjadi sasaran penerima vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat.

“Jumlah itu kami hitung sesuai dengan kebutuhan. Kalau kuota tentu tergantung koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat nanti,” ujar Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, di rumah dinasnya, Selasa (8/12/2020).

Yuliyanto mengatakan saat ini masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait penganggaran vaksin Covid-19. Apakah nanti vaksin akan diberikan secara cuma-cuma atau menggunakan anggara pemerintah daerah, Yuliyanto mengaku belum mengetahui.

RSUD Wongsonegoro Semarang Overload Pasien Covid-19, 16 Orang Antre di IGD

“Tentu kita butuh payung hukum, karena vaksin dibutuhkan untuk penanganan Covid-19. Tapi, saat ini belum ada ketersediaan anggaran untuk vaksin,” jelasnya.

Yuliyanto menambahkan vaksin nanti akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan aparat TNI-Polri sebagai petugas lapangan yang kerap bersinggungan langsung dengan pasien Covid-19.

“Utamanya adalah tenaga kesehatan, TNI, Polri, serta petugas yang bersinggungan atau melakukan kontak dengan pasien,” ujarnya.

Yuliyanto juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lantas menyepelekan Covid-19 dan mengabaikan protokol kesehatan. Meski vaksin Covid-19 sudah tiba di Indonesia.

Jateng Peroleh 421.000 Vaksin Covid-19 dari Tiongkok

Menurutnya, protokol kesehatan adalah kunci utama pencegahan persebaran Covid-19.

“Vaksin kan harus lulus uji di BPOM dulu. Sambil menunggu hal tersebut tetap harus gunakan masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi Jateng rencana mendapat jatah 21,5 juta dosis vaksin Covid-19. Jatah sebanyak itu rencana didistribusikan ke 35 kabupaten/kota secara bertahap mulai Desember ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.