Tutup Iklan

Shinta Dewi Tak Sesuai Harapan, Legenda Kawah Sikidang Tercipta

Di balik keindahan Kawah Sikidang di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terdapat legenda yang beredar di masyarakat.

Shinta Dewi Tak Sesuai Harapan, Legenda Kawah Sikidang Tercipta Tangkapan layar dari video unggahan channel Riri Cerita Anak Interaktif di Youtube, Jumat (18/10/2019). (Youtube-Riri Cerita Anak Interaktif)

Semarangpos.com, BANJARNEGARA — Di balik keindahan Kawah Sikidang di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terdapat legenda yang beredar di masyarakat. Katanya, pada zaman dahulu, hiduplah Shinta Dewi yang sangat cantik namun mempunyai kriteria tinggi bagi calon suami.

Kisah itu disarikan Semarangpos.com, Jumat (31/7/2020), dari unggahan pengelola channel Youtube Riri Cerita Anak Interaktif, 18 Oktober 2019 silam. Menurut pengelola channel itu, Pangeran Kidang Garungan mendengar rumor tentang kecantikan Shinta Dewi.

Maka, ia mengutus seorang patih untuk menemui sang putri. “Jika dia mau menjadi istriku, akan kukabulkan apa pun permintaannya. Kekayaan tujuh turunan akan menjadi miliknya,” kata Kidang Garungan.

Ramalan Jayabaya Ungkap Karakteristik Satria Piningit Ratu Adil

Si pengawal pun menjalankan perintah tadi. Dia juga mengatakan bahwa Shinta Dewi akan menjadi kaya hingga tujuh turunan apabila bersedia menikah dengan Kidang Garungan.

Sang putri nan sangat cantik merasa tertarik. Ia pun menanyakan penampilan sosok misterius yang kaya raya itu. Si patih menjawab bahwa Kidang Garungan berparas tampan.

Kerap Tolak Lamaran

Shinta Dewi memutuskan untuk menimbang-nimbang terlebih dahulu. Padahal, ia dikenal sebagai perempuan yang langsung menolak lamaran para pangeran lainnya.

Cukup lama Shinta Dewi memikirkan permintaan Kidang Garungan. Dia berusaha menemukan informasi mengenai pemuda itu. Namun, ia tidak dapat menemukan banyak hal tentangnya, kecuali fakta bahwa pangeran itu kaya raya. Dia pun menerima lamaran tadi.

Satria Piningit dan Ratu Adil, Konsep Serupa Namun Tak Sama

Tak lama kemudian, Kidang Garungan membawa rombongan ke tempat Shinta Dewi. “Wah, itu dia calon suamiku! Lihatlah keretanya! Kelihatan sangat mewah. Pasti dia juga sangat tampan,” kata sang putri.

Sayang sekali, wajah Kidang Garung dalam legenda Kawah Sikidang itu tidak sesuai ekspektasi. Ternyata dia memiliki wajah seperti kijang.

Shinta Dewi pun terkejut. Lalu, dia berniat melakukan segala cara untuk membatalkan lamaran itu. Kira-kira, apa yang akan dilakukannya?

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.