Sudah 51.715 Nakes Jateng Terima Vaksin Booster

Sebanyak 51.715 tenaga kesehatan atau nakes di Jawa Tengah (Jateng) telah menerima vaksin dosis ketiga atau booster jenis Moderna.

Sudah 51.715 Nakes Jateng Terima Vaksin Booster Ilustrasi vaksin Covid-19. (Solopos.com-Freepik.com)

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 51.715 tenaga kesehatan (nakes) di Jawa Tengah (Jateng) telah menerima vaksin dosis ketiga atau booster. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, Prasetyo Aribowo, saat rapat evaluasi penanganan Covid-19 di kantor Pemprov Jateng, Senin (23/8/2021).

Menurut Prasetyo total ada sekitar 164.917 nakes yang ada di Jateng. Dari jumlah sebanyak itu, sekitar 31,36% atau 51.715 nakes sudah mendapat vaksin booster jenis Moderna.

“Vaksinasi nakes dosis ketiga di Jateng sudah mencapai 31,36%. Percepatan terus kami lakukan agar nakes semakin terlindungi,” ujar Prasetyo.

Baca juga: Jateng Mulai Vaksinasi Disabilitas

Vaksin booster atau dosis ketiga untuk saat ini hanya diberikan kepada nakes. Hal ini dikarenakan nakes dianggap kelompok paling rawan terpapar Covid-19 karena melakukan kontak langsung dengan pasien.

Sementara untuk vaksinasi di Jateng, Prasetyo menyebut hingga kini sudah ada sekitar 6,4 juta masyarakat yang mendapat vaksin dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua sudah diterima sekitar 3,1 juta masyarakat.

“Secara persentasi, vaksinasi di Jateng sudah mencapai 22,33% untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua mencapai 13,28%,” tuturnya.

Salatiga Tertinggi

Prasetyo menambahkan untuk vaksin dosis pertama, pencapaian tertinggi diraih Kota Salatiga dengan capaian 90,12% dari total sasaran. Sedangkan di urutan kedua ditempati Kota Magelang dengan capaian 84,42% dan Kota Solo dengan capaian 78,98%.

“Sementara daerah yang masih rendah capaian vaksinasinya adalah Brebes 12,58%, Kabupaten Magelang 12,89%, dan Tegal 13,45%,” ungkap Prasetyo.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta semua daerah untuk melakukan percepatan vaksinasi. Hal itu dikarenakan stok vaksin di Jateng saat ini mulai melimpah.

Baca juga: Persentase Vaksinasi Salatiga Tertinggi di Jateng

“Selain itu, kerja sama juga dengan TNI/Polri agar vaksinasi bisa lebih cepat. Saya ingatkan untuk vaksinasi diprioritaskan pada lansia, kelompok rentan dan mereka yang memiliki komorbid,” katanya.

Selain itu, Ganjar juga meminta vaksinasi bisa menyasar pada daerah-daerah terpencil sehingga penduduk yang tinggal di daerah pinggiran tidak kesulitan untuk mendapatkan vaksin.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.