Tiba dari China, 4 Mahasiswa Jateng Bebas Virus Corona

Empat mahasiswa asal Jateng yang menempuh studi di Tiongkok dinyatakan tidak terjangkit virus Corona.

Tiba dari China, 4 Mahasiswa Jateng Bebas Virus Corona Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Antara-Aditya Ramadhan)

Semarangpos.com, SEMARANG — Empat mahasiswa asal Jawa Tengah (Jateng) yang menjalani studi di Henan dan Chongqing University, Tiongkok, telah tiba di Indonesia. Setelah menjalani pemeriksaan, keempat mahasiswa itu pun dinyatakan sehat atau tidak terjangkit virus Corona.

Keempat mahasiswa Jateng itu tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (1/2/2020). Mereka menjalani pemeriksaan di bandara, sebelum diizinkan kembali melanjutkan perjalanan dengan kereta api ke Banyumas.

“Alhamdulillah keempatnya sudah tiba di Jakarta hari ini, dan langsung pulang ke Banyumas menggunakan kereta. Diperkirakan tiba di Banyumas pukul 22.00 WIB. Dari pengecekan sementara di Soekarno-Hatta, keempatnya dinyatakan sehat,” kata Ganjar di Semarang, Sabtu siang.

Kendati demikian, pengecekan intensif tetap akan dilakukan kepada keempat mahasiswa itu. Untuk sementara, empat mahasiswa itu akan menjalani observasi di RSUD Dr. Magono, Banyumas.

“Persiapan sudah semua, tinggal menunggu kedatangan. Nanti datang, langsung ditangan dan diperiksa secara intensif. Biaya pengobatan gratis, terutama bagi mereka yang tidak mampu,” jelasnya.

RSUD Margono lanjut Ganjar disiapkan khusus karena keempat mahasiswa yang baru pulang dari Tiongkok itu berasal dari Banyumas. Sebenarnya, Ganjar menegaskan semua rumah sakit di Jateng telah disiapkan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau novel Coronavirus (2019-nCoV), sehingga masyarakat bisa melakukan pengecekan di rumah sakit terdekat.

“Seluruh rumah sakit di Jateng siap. Tiap hari saya minta mereka mengirimkan laporan harian. Jadi, jika ada masyarakat yang memilih rumah sakit yang paling dekat dengan rumah mereka, insyaallah semuanya siap,” tegasnya.

Ganjar menambahkan pihaknya akan terus memantau perkembangan warga Jateng yang masih berada di Tiongkok. Dari data yang diterimanya, ada 15 mahasiswa asal Jateng yang menempuh studi di Negeri Tirai Bambu itu.

Namun dari seluruh mahasiswa asal Jateng itu, hanya empat yang pulang. Sisanya, belum bisa pulang karena keterbatasan biaya.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.