Pemprov Jateng Siapkan RS Margono untuk Mahasiswa dari Tiongkok

Mahasiswa asal Jateng yang belajar di Tiongkok dikabarkan telah pulang ke Indonesia.

Pemprov Jateng Siapkan RS Margono untuk Mahasiswa dari Tiongkok Ilustrasi virus Corona. (Suara.com)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) telah menyiapkan RSUD Dr. Margono di Banyumas untuk pemeriksaan dan proses laboratorium bagi empat mahasiswa asal Jateng yang baru saja pulang dari Tiongkok.

Keempat mahasiswa itu selama ini menempuh studi di Henan dan Chongqing University Tiongkok. Mereka terpaksa pulang menyusul penyebaran virus Corona atau novel Coronavarius (2019-nCoV) yang semakin masif.

Begini Cara Bandara Ahmad Yani Semarang Tangani Virus Corona

Keempat mahasiswa itu dijadwalkan tiba di Indonesia, Sabtu (1/2/2020) pukul 04.35 WIB di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Besok dia mendarat di Jakarta lalu naik kereta ke Banyumas. Kita sudah siapkan rumah sakit,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Jumat (31/1/2020) malam.

Ganjar mengatakan total ada sekitar 15 mahasiswa asal Jateng yang menempuh studi di Tiongkok. Namun, tidak semua dari mereka bisa pulang ke Tanah Air karena alasan biaya. Padahal Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing sudah menerbitkan imbauan bagi mahasiswa Indonesia untuk pulang ke Tanah Air sejak 29 Januari lalu.

Suspect Virus Corona Sempat Dirawat di 3 RS di Jateng

“Sisanya akan kita bantu, karena beberapa yang lain bersambat tidak punya uang untuk pulang,” imbuhnya.

Ganjar juga menggandeng Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) untuk memantau perkembangan mahasiswa asal Jateng di Tiongkok. Berkat bantuan PPI pula, Ganjar bisa berkomunikasi langsung dengan mereka.

“Kemarin PPI Dunia membantu saya sehingga sekarang saya punya nomor handphone-nya satu-satu. 15 mahasiswa sudah terdata dan kita sudah komunikasi langsung,” ujarnya.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.