Tim SAR Temukan Jasad Wisatawan Hilang di Pantai Cilacap

Jasad Ferry Rizki Agasta, 22, wisatawan hilang akibat terseret ombak di Pantai Jetis, Kabupaten Cilacap, Jateng, ditemukan tim search and rescue (SAR).

Tim SAR Temukan Jasad Wisatawan Hilang di Pantai Cilacap Tim SAR mengevakuasi jenazah wisatawan asal Banyumas Ferry Rizki Anggara di Pantai Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (3/7/2020). (Antara-Basarnas KPP Cilacap)

Semarangpos.com, PURWOKERTO — Tim search and rescue (SAR) menemukan wisatawan asal Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang sempat dilaporkan hilang akibat terseret ombak di Pantai Jetis, Kabupaten Cilacap, Jateng.

Ditemukannya wisatawan hilang di Panti Cilacap itu dikemukakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap I Nyoman Sidakarya. KPP atau Basarnas Cilacap melibatkan personelnya dalam operasi pencarian dan pertolongan.

“Korban atas nama Ferry Rizki Agasta, 22, warga Desa Karangrau RT 003/RW 004, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada hari Jumat ini, pukul 14.00 WIB, di Pantai Widarapayung, Kecamatan Binangun, Cilacap yang berjarak sekitar 13 km dari lokasi kejadian ke arah barat,” kata Nyoman Sidakarya dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Antara di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (3/7/2020).

Layanan Wisata Zona I Borobudur di Era New Normal Disimulasikan

Ia mengatakan jenazah Ferry ditemukan oleh tim SAR yang sedang melakukan penyisiran baik melalui jalur darat maupun laut. Penyisiran melalui jalur darat dilakukan ke arah barat hingga Pantai Karangpakis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap yang berjarak sekitar 4 km dari lokasi kejadian.

Tim berjalan mencari ke arah timur sampai Tempat Pelelangan Ikan Pedalen, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen yang berjarak sekitar 2 km dari lokasi kejadian. Sedangkan penyisiran melalui jalur laut dilakukan dengan menggunakan perahu jukung sejauh 3 mil laut ke arah timur maupun barat lokasi kejadian.

Ketemu Saat Menyisir

“Saat melakukan penyisiran, kami menerima informasi ada penemuan mayat di Pantai Widarapayung yang diduga sebagai korban tenggelam di Pantai Jetis. Oleh karena itu, kami segera menuju ke Pantai Widarapayung untuk melakukan pengecekan,” kata Nyoman.

Renovasi Stadion Jatidiri Mandek, Ini Janji Gubernur Ganjar…

Setelah dicek, kata dia, mayat tersebut dipastikan sebagai jenazah Ferry Rizki Anggara. Lelaki itu dilaporkan hilang akibat terseret ombak saat berswafoto di Pantai Jetis, Kecamatan Nusawungu, Cilacap, Rabu (1/7/2020). Insiden terjadi sekitar pukul 10.30 WIB.

Jenazah Ferry selanjutnya dibawa ke Puskesmas Nusawungu. Jasad itu menjalani pemeriksaan sebelum dipulangkan ke rumah duka di Desa Karangrau RT 003/RW 004, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas. “Dengan ditemukannya jenazah Ferry Rizki Anggara, operasi SAR untuk mencari dan menolong korban tenggelam di Pantai Jetis secara resmi ditutup. Seluruh potensi SAR yang terlibat dalam operasi tersebut telah kembali ke kesatuan masing-masing,” katanya pula.

Ia mengatakan, operasi SAR tersebut melibatkan personel Basarnas KPP Cilacap, Pos TNI Angkatan Laut Logending, Koramil Nusawungu, Polsek Nusawungu, Satpolair Polres Kebumen (Polair Logending), dan BPBD Kabupaten Banyumas. Terlibat pula Cilacap Rescue, Serayu Rescue, Bagana Cilacap, Tim Pertolongan Kecelakaan Laut (TPKL) Jetis, SAR Lawet Perkasa, dan Bagana Kebumen. Sukarelawan PMI Banyumas, Tagana Banyumas, SAR Banyumas, SAR Elang Perkasa, SAR MTA Cilacap, RAPI Banyumas, RAPI Purbalingga juga mendukung operasi. Tentu saja masyarakat sekitar dan keluarga korban terlibat sebagai para pencari utama.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.