Tutup Iklan

Udinus Buat Face Shield untuk Tenaga Medis di Semarang

Udinus Semarang memproduksi alat pelindung diri, berupa face shield untuk tenaga medis yang menangani pasien virus corona atau Covid-19.

Udinus Buat Face Shield untuk Tenaga Medis di Semarang Mahasiswa Udinus Semarang menunjukkan face shield buatannya yang diperuntukkan bagi tenaga medis, Selasa (14/4/2020). (Semarangpos.com-Humas Udinus Semarang)

Semarangpos.com, SEMARANG — Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang memproduksi face shield yang diperuntukan bagi tenaga medis dalam menangani pasien virus corona. Face shield karya Fakultas Teknik Udinus Semarang ini sudah disterilisasi sesuai dengan standar medis dengan menggunakan ultraviolet C untuk membunuh patogen.

Dekan Fakultas Teknik Udinus Semarang, Dr. Dian Retno Sawitri Ir. MT, mengatakan face shield itu diperuntukan tenaga medis yang menangani virus corona. Beberapa face shield pun telah diberikan ke rumah sakit, seperti RSUD Tugurejo.

Menurut Dian, kebutuhan alat pelindung diri (APD) seperti face shield saat ini sangatlah meningkat. Terlebih, alat seperti itu saat ini cukup sulit diperoleh di pasaran.

“Melihat sistuasi dan langkanya APD, Udinus mencoba berkontribusi pada masyarakat khususnya tenaga medis. Caranya, dengan membantu pembuatan APD face shield ini. Alat ini juga telah dilakukan sterilisasi dan memiliki kualitas baik,” kata Dian, Selasa (14/4/2020).

Dian menambahkan alat yang diproduksi di Laboratorium Sistem Produksi Udinus itu memiliki berbagai keunggulan. Selain desain yang nyaman, face shield buatan Udinus juga menggunakan material yang berkualitas, sehingga tidak mudah patah dan sobek.

Pada bagian depan dibuat dengan material polythylene terephtalate (Pet). Sedangkan bagian frame menggunakan polimer vinil klorida (PVC), dan bagian suspension system menggunakan strap elastis dan busa yang nyaman saat digunakan.

Donasi

Selama produksi, face shield buatan Udinus Semarang juga dibuat dengan mesin otomatis berbasis computer numerical control (CNC). Hal itu membuat hasil produksi menjadi berkualitas, presisi, serta mampu diproduksi dalam jumlah besar dengan sumber daya manusia yang minimal.

Dian mengatakan dalam sehari, pihaknya mampu memproduksi sekitar 100 buah face shield. Meski demikian, face shield buatan Udinus Semarang itu tidak diperjualbelikan.
Instansi kesehatan yang membutuhkan face shield bisa mendapatkan secara gratis. Sebagai gantinya, pihak Udinus Semarang menggalang donasi untuk mencukupi biaya produksi pembuatan face shield tersebut.

“Melalui cara ini kami jadi terlibat secara aktif dalam penanggulangan Covid-19 di Semarang dan Jateng. Ini merupakan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memberikan manfaat bagi masyarakat,” imbuh Dian.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.