Tutup Iklan

Vaksinasi di Solo Tercepat, Brebes Paling Lambat

Vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan atau nakes yang digelar di Solo menjadi yang tercepat se-Jateng dan juga nasional.

Vaksinasi di Solo Tercepat, Brebes Paling Lambat Petugas medis menyuntikkan vaksin Sinovac kepada perwakilan tenaga kesehatan (nakes) pada Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (14/1/2021). (Semarangpos.com/Nicolous Irawan)

Semarangpos.com, SEMARANG – Kota Solo menjadi daerah di Jawa Tengah (Jateng) yang paling giat menggelar vaksinasi Covid-19 tahap satu. Sementara itu, Kabupaten Brebes menjadi daerah paling lambat dalam menggelar vaksinasi tahap pertama yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan atau nakes.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan dari 35 kabupaten/kota yang telah menggelar vaksinasi tahap pertama, Kota Solo menjadi yang paling cepat. Bahkan, tingkat percepatan vaksinasi di Kota Solo tidak hanya tertinggi se-Jateng, tapi juga nasional.

“Data tadi malam [Selasa, 26 Januari 2021], status vaksinasi di Kota Solo itu sudah mencapai 9.223 orang. Sementara jumlah sasaran nakes yang divaksin sekitar 10.726 orang,” ujar Yuliyanto saat menggelar jumpa pers secara daring, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: 4.960 Vaksin Sinovac Sudah Tiba di Salatiga

Yulianto mengatakan meski status vaksinasi mencapai 9.223 orang, namun hingga kini baru sekitar 7.906 nakes di Solo yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac. Sementara sisanya merupakan nakes yang batal maupun ditunda vaksinasinya.

Sementara itu, jika Solo menjadi yang tertinggi lain halnya dengan Kabupaten Brebes. Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Brebes menjadi yang terlambat di Jateng.

Baru 20 Nakes

Bahkan, sejak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng menerapkan pencanangan vaksinasi bagi 32 kabupaten/kota di Jateng, termasuk Brebes, Senin (25/1/2021), baru sekitar 20 nakes yang disuntik vaksin.

Padahal, jumlah sasaran nakes di Brebes yang mendapat vaksinasi mencapai 5.591 orang. Pun demikian, dengan vaksin sekitar 11.240 dosis atau vial yang diperuntukkan bagi nakes maupun pejabat publik di Brebes sudah diberikan sejak Minggu (24/1/2021).

“Saya enggak tahu, kenapa kok Brebes bisa sangat rendah. Sampai hari ini tingkat vaksinasi di Brebes masih 0,13%. Bahkan informasi yang saya terima, Brebes itu baru mulai pencanangan vaksinasi hari ini. Padahal, sesuai surat yang dikirim Sekda Jateng ke bupati/wali kota di 32 kabupaten/kota, pencanganan vaksinasi dimulai sejak Senin kemarin,” keluh Yulianto.

Baca juga: Pamit Beli Sosis, Bocah 12 Tahun di Grobogan Ditemukan Meninggal di Sendang

Sementara itu, Yulianto menyebutkan hingga saat ini sudah ada sekitar 86.570 nakes dari total 166.014 nakes di Jateng yang telah mendapatkan vaksin virus corona.

Sementara itu dari tingkat percepatan vaksinasi, Solo menempati urutan pertama dengan persentase 74,53%. Disusul Batang dengan 65,86%, Cilacap 65,6%, Kota Semarang 63,34%, dan Kota Magelang 63,07%. Sedangkan urutan terlambat ditempati Kabupaten Brebes dengan 0,13%. Lalu, Kota Pekalongan 19,2%, dan Kota Tegal 33,29%.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.