5 Parpol Ini Nyatakan Koalisi dengan PDIP di Pilwalkot Semarang, Ini Reaksi Hendi…

Calon petahana, Hendrar Prihadi, atau yang akrab disapa Hendi mendapat dukungan dari enam parpol untuk berkontestasi di Pilkada atau Pilwakot Semarang 2020.

5 Parpol Ini Nyatakan Koalisi dengan PDIP di Pilwalkot Semarang, Ini Reaksi Hendi… Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Antara-I.C. Senjaya)

Semarangpos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mendapat dukungan banyak partai politik dalam kontestasi Pilkada atau Pilwalkot Semarang 2020.

Selain partainya, PDIP, pria yang karib disapa Hendi itu dikabarkan juga telah mendapat dukungan dari lima parpol lainnya yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Gerindra, Nasdem, Golkar, dan Demokrat.

Jika dikalkulasi, dengan dukungan enam partai itu, Hendi pun bakal sulit tertandingi. Hal itu dikarenakan dengan dukungan keenam partai itu, praktis pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kota Semarang itu telah mengantongi dukungan 38 kursi atau sekitar 76% dari total jumlah kursi yang ada di DPRD Kota Semarang.

Calon Perseorangan Berpotensi Ramaikan Pilwakot Semarang

Padahal, syarat minimal untuk bisa maju sebagai calon wali kota (cawali) dari partai politik pada Pilkada 2020 di Kota Semarang haruslah mengantongi setidaknya 10 kursi atau 20% dari jumlah total kursi yang ada di DPRD Kota Semarang, yakni 50 kursi.

”Sekali lagi, politik itu dinamis. Buat saya proses menghadapi Pilwalkot ini harus sering melakukan komunikasi dengan parpol lain. Alhamdulillah ada yang menyambut, PAN, Gerindra, Nasdem, Golkar, dan Demokrat sudah sepakat koalisi,” ujar Hendi saat dijumpai Semarangpos.com di Balai Kota Semarang, Jumat (31/1/2020).

Sebenarnya Hendi berpeluang menambah daftar parpol pendukungnya, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengantongi 6 kursi di DPRD Kota Semarang. Meski demikian, PKS belum bisa memberikan kepastian karena masih harus menjalani mekanisme internal partai untuk menentukan calon yang diusung pada Pilkada 2020.

PDIP Semarang Optimistis Ngesti Dapat Rekomendasi, Gerindra Buka Pendaftaran

“Kita hormati keputusan PKS. Mereka bilang masih harus menjalani mekanisme internal partai. Tapi, secara tidak langsung mereka juga sudah memberikan dukungan,” terang Hendi.

Kendati mendapat dukungan dari banyak partai, Hendi mengaku tak mau jemawa. Ia memilih untuk menunggu hasil rekomendasi yang diberikan DPP PDIP.

“Mereka [parpol] menyebut calon, tapi saya bilang nanti dulu. Calonnya masih menunggu rekomendasi dari pusat. Nanti kita diskusikan lagi,” imbuh Hendi.

Dengan banyaknya partai yang berkoalisi dengan PDIP, Hendi pun berharap Pilkada atau Pilwalkot Semarang 2020 nanti akan berlangsung damai. Tidak ada lagi, partai yang merasa sakit hati karena calonnya kalah.

“Kita contohkan 2015 lalu, karena kompetisi begitu ketat ada sedikit luka dari teman-teman partai politik. Akibatnya dua setengah tahun kita belum bisa gas pol dan masih ada intrik, bahkan sempat walkout saat paripurna ,” terangnya.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.