PDIP Semarang Optimistis Ngesti Dapat Rekomendasi, Gerindra Buka Pendaftaran

PDIP Kabupaten Semarang optimistis calon yang diusung mendapat rekomendasi DPP PDIP.

PDIP Semarang Optimistis Ngesti Dapat Rekomendasi, Gerindra Buka Pendaftaran Balon Bupati Kabupaten Semarang, Ngesti Nugraha. (Dok. Solopos/Antara-Aditya Pradana Putra)

Semarangpos.com, UNGARAN — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Semarang optimistis calon yang diusung, Ngesti Nugraha, memperoleh rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP sebagai calon bupati (cabup) pada Pilkada Kabupaten Semarang 2020.

Hal itu menyusul posisi Ngesti sebagai satu-satunya pendaftar posisi cabup Kabupaten Semarang dari PDIP.

Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati DPC PDIP Kabupaten Semarang, Bondan Marutohening, mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu rekomendasi dari DPP PDIP.

“Soal kapan waktunya, itu sepenuhnya kewenangan dari pusat. Kita juga melakukan survei internal, tapi hasilnya tidak dipublikasikan. Survei itu menjadi salah satu dasar keputusan dalam menentukan calon yang diusung,” ujar Bondan saat dijumpai wartawan di Gedung DPRD Kabupaten Semarang, Jumat (31/1/2020).

Rumput Stadion Citarum Dipuji Pelatih PSIS Semarang

Bondan mengatakan selama menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Semarang, prestasi Ngesti cukup bagus. Ia mampu memberikan kemenangan bagi kader PDIP pada Pilpres 2019 maupun Pilgub 2018.

Bondan juga menyoroti belum munculnya calon bupati lain pada Pilkada Kabupaten Semarang 2020. Kondisi ini pun membuat potensi Ngesti sebagai calon tunggal sangat kuat.

“Soal calon tunggal atau tidak, kita mengikuti proses. Partai lain pasti juga sedang melakukan konsolidasi internal dan berproses. Tapi, pastinya PDIP sangat siap dengan pilkada ini,” tutur Ketua DPRD Kabupaten Semarang ini.

Masker N95 Laris Manis di Semarang, Virus Corona Pemicunya…

Disinggung terkait kemungkinan berkoalisi dengan partai lain pada Pilkada Kabupaten Semarang 2020, Bondan mengaku hingga saat ini belum terjalin kesepakatan.

“Komunikasi dan silaturahmi sudah ada, tapi belum ada yang special. Intensitas dan keakraban dengan semua partai masih sama,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Kabupaten Semarang, Joni Budi Raharjo, mengatakan saat ini partainya masih melakukan proses  penjaringan calon yang diusung dalam Pilkada 2020.

PDIP Tak Mau Lawan Kotak Kosong di Pilwalkot Semarang

“Kita sudah buka pendaftaran, tapi belum ada yang masuk. Masih komunikasi informal saja,” jelasnya.

Dalam Pilkada Kabupaten Semarang 2020, Gerindra harus menjalin koalisi dengan partai lain untuk mengusung calon. Hal itu dikarenakan Gerindra hanya memiliki empat kursi di DPRD Kabupaten Semarang.

Sementara, syarat untuk mengusung calon sendiri dalam Pilkada 2020 haruslah memiliki minimal 10 kursi atau 20% dari total jumlah kursi yang ada di DPRD Kabupaten Semarang, yakni 50 kursi.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.