Ada Pegawai Positif Covid-19, Puluhan ASN di Grobogan Rapid Test

Puluhan aparatur sipil negara (ASN) di Grobogan menjalani rapid test atau tes cepat Covid-19 di Gedung Riptaloka Setda Grobogan, Purwodadi, Senin (27/7/2020).

Ada Pegawai Positif Covid-19, Puluhan ASN di Grobogan Rapid Test Aparatur sipil negara (ASN) di Bappeda, Dispertan, dan Setwan Grobogan menjalani rapid test model baru di depan Gedung Riptaloka, Purwodadi, Senin (27/7/2020). Hasilnya 50 ASN nonreaktif. (Semarangpos.com-Bappeda Grobogan)

Semarangpos.com, PURWODADI — Puluhan aparatur sipil negara (ASN) di Grobogan menjalani rapid test atau tes cepat Covid-19 di Gedung Riptaloka Setda Grobogan, Purwodadi, Senin (27/7/2020). Mereka berasal dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pertanian, dan Sekretariat Dewan (Setwan) Grobogan.

“Iya tadi pagi ada pelaksanaan rapid test model baru dengan cara mengambil sampel lendir di hidung. Hasilnya pun bisa langsung diketahui beberapa menit kemudian,” jelas Ketua Harian Percepatan Penanganan Covid-19 Grobogan Endang Sulistyoningsih di Pendapa Pemerintah Kabupaten Grobogan, Purwodadi, Senin (27/7/2020).

Menurut Endang pelaksanaan swab test massal yang dilakukan di depan Kantor Wakil Bupati (Wabup) Grobogan, Rabu (15/7/2020), secara bertahap hasilnya sudah keluar semua. Ada tujuh ASN Grobogan terkonfirmasi positif terjangkit Covid-19 saat dilakukan rapid test.

Ini Ciri-Ciri Warung dengan Ajian Pelaris Kata Youtuber

Mereka adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) yang juga Plt. Dinas Sosial (Dinsos) Grobogan. Kemudian anggota staf di Dinas Pertanian (Dispertan), Dinas Perdagangan, Bappeda, BPPKAD, dan Setwan Grobogan.

Pelaksanaan rapid test tersebut terkait adanya ASN yang terkonfirmasi positif terjangkit Covid-19 dari Bappeda, Dispertan, dan Setwan. Sebelumnya, lanjut Endang, kegiatan serupa juga dilakukan terhadap ASN di lingkungan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah atau BPPKAD.

Penyemprotan Disinfektan

Kepala Bappeda Grobogan Anang Armunanto mengatakan ada salah satu anggota stafnya yang terkonfirmasi positif terjangkit Covid-19. Yang bersangkutan, menurut dia sebelumnya menjadi salah seorang peserta swab test atau tes usap massal di depan Kantor Wabup Grobogan.

Hasil dari swab test tersebut diketahui pada Jumat (24/7/2020). Kemudian, lanjutnya, pada Sabtu atau keesokan harinya, seluruh bangunan dilakukan penyemprotan disinfektan. Baru pada Senin, dilakukan rapid test.

Pantaskah Kancil Si Pencuri Timun Dikurung Pak Tani?

“Mereka yang ikut rapid test ada 18 orang, merupakan kontak erat dan yang satu ruangan. Alhamdulillah hasilnya nonreaktif semua,” kata Anang melalui pesan Whatsapp, Senin.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Penunjang Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan Djatmiko, dokter yang bertugas dalam pelaksanaan rapid test ASN tersebut, mengatakan ada 50 peserta. Mereka dari Bappeda, Dispertan, dan Setwan Grobogan.

“Sudah dilaksanakan rapid test model baru dengan pengambilan sampel lendir di saluran pernapasan. Hasilnya juga bisa diketahui dalam beberapa menit setelah rapid test. Alhamdulillah hasilnya nonreaktif semua,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.