Bukan Gibran, Ini Profil Bupati Termuda di Jateng

Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, yang juga suami artis Chacha Frederica didapuk sebagai bupati termuda di Jawa Tengah (Jateng).

Bukan Gibran, Ini Profil Bupati Termuda di Jateng Bupati Kendal Dico Ganinduto bersama istrinya Chacha Frederica (Instagram @dicoganinduto)

Semarangpos.com, KENDAL — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, baru saja melantik 17 kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020. Dari sederet kepala daerah itu, satu di antaranya adalah Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto, yang menyandang predikat sebagai bupati termuda di Jateng.

Dico dilantik sebagai Bupati Kendal pada usia 31 tahun. Ia berusia lebih muda dua tahun daripada Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka.

Dico merupakan putra politikus senior Partai Golkar, Dito Ganinduto, yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR.

Baca juga: Hadir Bareng Suami di Pelantikan Bupati Kendal, Begini Penampilan Artis Chacha Frederica

Sebagai bupati termuda di Jateng, Dico menempuh pendidikan SMA hingga kuliah di Amerika Serikat. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (27/2/2021), Dico Ganinduto menyelesaikan pendidikan SMA di Pendleton School, Florida, AS pada 2008. Dia kemudian kuliah di University of Tulsa, Petroleum Engineering, Tulsa, Oklahoma hingga 2012.

Selepas menempuh pendidikan di AS, Dico memulai usaha di bidang pertambangan. Mengikuti jejak sang ayah, Dico kemudian terjun ke kancah politik dengan mengikuti kontestasi Pemilu 2019.

Kala itu, bupati termuda di Jateng ini maju dari daerah pemilihan (dapil) Jateng I yang meliputi Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Kendal. Dico Ganinduto gagal lolos ke Senayan hingga akhirnya mengikuti Pilkada Kendal 2020.

Saat Pilkada Kendal 2020, Dico berpasangan dengan H. Basuki yang merupakan kader Partai Demokrat. Pasangan Dico-Basuki (Dibas) diusung oleh Golkar, Demokrat, PKS, PAN & Perindo.

Bupati termuda di Jateng ini juga akhir di organisasi sayap Partai Golkar seperti Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) dan juga dan membentuk Gema Golkar dengan posisi ketua.

Suami Artis

Dico menikah dengan artis Chacha Frederica pada 2015. Kini pasangan Dico-Chacha dikaruniai satu anak yaitu Cassia Shakir Ganinduto. Chacha yang sempat membintangi sejumlah film dan sinetron ini mendukung penuh Dico dalam dunia politik.

Post hari ini saya dedikasikasikan untuk istri dan juga ibu dari anak saya, yang masyaAllah luar biasa baik dan cantik @chafrederica. Terima kasih ya sudah mendampingi perjalananku selama ini. Aku tahu banyak pengorbanan yang telah kamu lakukan untuk bisa menemaniku di sini,” tulis Dico dalam unggahan di Instagramnya, @dicoganinduto setelah pelantikan.

Aku ucapkan selamat juga karena kamu telah resmi menjadi ketua PKK dan Dekranasda Kabupaten Kendal. Semoga dengan awalan baru ini, kita bisa semakin kompak dan terus berkolaborasi demi memajukan Kabupaten Kendal tercinta.

Baca juga: Pindah ke Kendal, Chacha Frederica Kaget Rumah Dinas Bupati Kayak Gudang

Bupati termuda di Jateng ini tercatat memiliki harta Rp7,71 miliar. Data harta Dico Ganinduto itu tercantum dalam LHKPN yang disetorkan ke KPK saat menjadi calon bupati Kendal.

Harta Dico meliputi tanah dan bangunan di Jakarta senilai Rp2,66 miliar, tiga unit kendaraan bermotor senilai Rp1,6 miliar, Harga bergerak lainnya Rp300 juta, surat berharga Rp361,5 juta, serta kas sekitar Rp3 miliar. Dico tercatat memiliki utang Rp258 juta.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.