Cek Penumpang di Stasiun Tawang, Polisi Semarang Minta Pemudik Isolasi Mandiri

Polisi mulai menerapkan pemeriksaan kesehatan kepada pemudik yang tiba di Semarang, guna mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19.

Cek Penumpang di Stasiun Tawang, Polisi Semarang Minta Pemudik Isolasi Mandiri Ilustrasi pengecekan penumpang kereta api di Stasiun Tawang Semarang. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang melakukan pemeriksaan terhadap para pemudik yang tiba di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (28/3/2020).

Pemeriksaan itu dilakukan guna mengantisipasi persebaran virus corona atau Covid-19 yang rawan dibawa pemudik dari daerah lain ke Semarang.

Pemeriksaan itu mula-mula dilakukan di Stasiun Tawang Semarang, Sabtu sore. Ada puluhan penumpang yang turun dari kereta api yang langsung menjalani sederet pemeriksaan.

Ganjar Minta Perantau asal Jateng Tidak Mudik

Pemeriksaan di Stasiun Tawang itu dipimpin langsung Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol. Auliansyah Lubis.  Para penumpang yang mayoritas baru saja melakukan perjalanan dari Jakarta langsung diperiksa suhu tubuh, disemprot disinfektan, dan mengisi data pribadi.

“Mulai hari ini seluruh penumpang yang turun di Semarang harus menjalani pemeriksaan. Selain yang sesuai SOP [standar operasional prosedur, berupa pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan], mereka juga harus mengisi formulir yang berisi identitas diri serta daerah tujuannya,” ujar Kapolrestabes Semarang, Sabtu sore.

Auliansyah mengatakan formulir yang diisi penumpang itu juga berisi pernyataan tentang kondisi jasmani. Selain itu, mereka juga menyatakan kesediaannya untuk melakukan isolasi secara mandiri.

Pasien Positif Virus Corona di Solo & Semarang Sembuh

“Formulir ini sudah saya sampaikan ke Dirjen Perhubungan Darat. Saya juga mengusulkan agar formulir ini dibagikan kepada penumpang saat berada di stasiun keberangkatan atau di atas kereta api,” imbuhnya.

Pemeriksaan di Stasiun Tawang itu berlangsung dengan cukup ketat. Ada sekitar 76 penumpang dari tiga kereta api yang berhenti di Stasiun Tawang yang menjalani pemeriksaan. Ketiga kereta api itu, yakni KA Argo Muria, KA Tawang Jaya Premium, dan KA Argo Bromo Anggrek.

“Selain stasiun, pemeriksaan ini juga akan digelar di terminal, bandara, maupun pelabuhan, untuk mengantisipasi persebaran virus corona di Kota Semarang,” tegas Kapolrestabes Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.