Coba Uniknya Rasa Sroto Klamud di Purbalingga

Soto merupakan karya kuliner yang sangat mudah dijumpai di setiap daerah Indonesia, tak Sroto Klamud Toyareja di Purbalingga, Jawa Tengah.

Coba Uniknya Rasa Sroto Klamud di Purbalingga Tangkap layar unggahan youtuber Dyodoran mengenai soto klamud di Purbalingga, Jateng, Kamis (2/1/2020). (Youtube-Dyodoran)

Semarangpos.com, PURBALINGGA — Soto merupakan karya kuliner yang sangat mudah dijumpai di setiap daerah Indonesia. Tak terkecuali di Purbalingga, Jawa Tengah. Di kabupaten itu terdapat kuliner soto yang cukup unik dan menarik untuk dicoba. Warung soto tersebut bernama Sroto Klamud Toyareja.

Warung sroto alias soto itu berlokasi di Jl. Toyareja, Dusun 1, Toyareja, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Warung Sroto Klamud Toyareja buka setiap hari pukul 09.00 WIB-18.00 WIB.

Sroto alias soto ini diberi nama klamud karena menggunakan kelapa muda dalam penyajiannya. Karena keunikan namanya itu membuat food vlogger Dyodoran penasaran dengan rasa soto tersebut.

Misteri Nama Wewe Gombel dan Bukit Gombel

Jika dilihat dari kuahnya, makanan ini memang serupa dengan soto pada umumnya. Isian soto klamud itu terdiri atas potongan ketupat, taoge, daun bawang, kubis, dan suwiran ayam kampung.

Bedanya, isian soto klamud dicampur dengan daging kelapa muda sebagai pengganti bihun. Tak cukuop dengan itu, sroto alias soto itu juga dihidangkan dengan wadah batok kelapa.

Diolah dengan Unik

“Soto klamut itu sama seperti soto pada umumnya, cuma wadahnya saja menggunakan batok  kelapa dan bihun diganti menggunakan daging kelapa muda,” ucap Yuni, pemilik warung Sroto Klamud Toyareja dalam kanal Youtube Dyodoran Sensasi Kenyal Empuk, Sroto Kelapa Muda Purbalingga, Kamis (2/1/2020).

Pemkab Kebumen Buka Objek Wisata Watu Jali

Proses pengolahannya juga unik, di mana daging kelapa muda yang diserut ditaburi garam kemudian dikukus selama 30 menit agar rasa mentah dari kelapa muda hilang.

Dyo membagikan cerita mengenai rasa soto klamud dalam video Youtube berdurasi 10 menit 28 detik itu. “Soto ini memiliki rasa yang benar-benar unik dan teryata kelapa muda ini sangat cocok dimakan dengan kuah soto yang gurih,” ucap Dyo.

Tidak perlu khawatir, batok kelapa yang digunakan dalam menyajikan Soto klamud hanya digunakan sekali saja. Bagi kalian yang ingin mencoba soto klamud ini harus merogoh kocek sebesar Rp18.000–Rp20.000 per porsi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.