Fakultas Psikologi UKSW Layani Konsultasi Daring Kecemasan Corona Gratis

Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Salatiga memberi layanan konseling gratis selama masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Fakultas Psikologi UKSW Layani Konsultasi Daring Kecemasan Corona Gratis Ilustrasi Kampus Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). (Semarangpos.com-Istimewa)

Semarangpos.com, SALATIGA — Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Salatiga memberi layanan konseling gratis selama masa pandemi virus corona. Konseling gratis ini bisa dilakukan secara daring melalui aplikasi perpesanan Whatsapp.

Dosen Fakultas Psikologi UKSW, Sri Aryanti Kristianingsih, mengatakan sedikitnya bakal ada sepuluh orang dosen yang melayani konsultasi daring tersebut. Nomor ponsel sekaligus jadwal masing-masing dosen bisa diakses lewat laman https://www.uksw.edu/detail_post/campus_care/jadwal-layanan-konseling-layanan-psikologi-covid-19.

Sri menambahkan layanan psikolgi bisa dilakukan melalui pesan teks, pesan suara (voice note), maupun telepon via aplikasi Whatsapp. “Layanan konseling dibuka mulai Senin-Jumat, tiap-tiap dosen memiliki jam layanan masing-masing antara pukul 09.00 WIB-20.00 WIB,” ujar Sri, Rabu (8/4/2020).

120 Pohon Ditebang Gegara Jalan di Purwodadi Dilebarkan

Sri menyadari banyak orang menjadi cemas menghadapi kondisi sosial-ekonomi di tengah Covid-19. Kecemasan itu bisa disebabkan oleh ritme hidup yang berubah atau pendapatan yang hilang. Selain itu, pembatasan fisik dan sosial yang mengharuskan masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah juga berdampak bagi kejiwaan.

Selalu Tenang & Positif

Untuk menjaga kesehatan jiwa, masyarakat diimbau menghadapi pandemi virus corona dengan tenang dan pikiran yang positif. Banyak hal yang bisa dikerjakan untuk mengisi waktu senggang selama bekerja atau belajar dari rumah, misalnya melakukan hobi atau menambah waktu berkualitas bersama keluarga. Dengan begitu rasa cemas yang berlebihan bisa berkurang.

“Sebenarnya cemas merupakan respons yang wajar. Namun bisa menjadi masalah ketika kecemasan yang dialami berlebihan dan memicu timbulnya penyakit,” imbuh Sri yang juga Kepala Pusat Layanan Psikologi (PLP) UKSW ini.

Undip Terima 2.066 Siswa dari Jalur SNMPTN 2020, Cek Namanya di Sini…

Sri menambahkan dengan memanfaatkan layanan daring, konsultasi psikologi bisa dijangkau oleh masyarakat luas, tidak terbatas hanya pada warga Salatiga.  Layanan konsultasi psikologi juga menjadi bentuk kepedulian lembaga pendidikan kepada masyarakat umum.

Kendati begitu, Sri menegaskan kesehatan psikis dan fisik tetap harus berjalan beriringan. Untuk itu masyarakat tetap diimbau mematuhi protokol kesehatan dengan tetap berada di rumah, menjauhi kerumunan, dan membiasakan cuci tangan setelah beraktivitas.

Seorang warga Salatiga, Noviastuti, mengaku belum mengetahui tentang layanan konsultasi psikologi gratis ini. “Tapi saya berharap layanan psikologi bisa membantu warga yang mulai jenuh dengan aktivitas selama masa tanggap darurat corona,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.