Gelar Merti Desa, Warga Tegalrejo Salatiga Tak Abaikan Protokol Kesehatan

Salah satu kelurahan atau desa di Salatiga, Jawa Tengah, yakni Kelurahan Tegalrejo menggelar acara merti desa dengan menerapkan protokol Covid-19.

Gelar Merti Desa, Warga Tegalrejo Salatiga Tak Abaikan Protokol Kesehatan Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris, saat menghadiri acara merti desa di Kelurahan Tegalrejo, Sabtu (10/10/2020). (Semarangpos.com-Humas Setda Salatiga)

Semarangpos.com, SALATIGA — Acara merti desa sebagai perwujudan rasa syukur warga selalu identik dengan berbagai ritual yang mengundang kerumunan massa. Namun pada masa pandemi Covid-19, acara merti desa itu seolah terkesan tabu karena berpotensi menyebabkan persebaran virus corona.

Kendati demikian, bagi warga Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, acara merti desa itu tetap harus digelar. Alhasil, warga pun wajib menerapkan protokol kesehatan agar acara merti desa atau saparan yang digelar Sabtu (10/10/2020) bisa diselenggarakan dengan aman.

Lurah Tegalrejo, Titin Eka Novia, mengatakan Merti Desa 2020 tersebut digelar sebagai wujud rasa syukur sekaligus permohonan kepada Tuhan agar warganya senantiasa diberi keselamatan dan kesehatan.

Dampak Pandemi, Realisasi Pajak Salatiga Tak Capai Target

“Kegiatan dilaksanakan juga secara terbatas guna mematuhi protokol kesehatan. Acara ini digelar sebagai pertanda bahwa warga masih melestarikan tradisi, meski dalam masa pandemi,” ujar Titin.

Titin menyebutkan sebelum acara merti desa digelar pihaknya telah melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan pembagian masker gratis.

Acara kemudian dilanjutkan dengan nyadran atau bersih makam di kompleks permakaman Shuufii dan bersih kali di Sumur Bandung.

“Sebagai puncaknya dilangsungkan acara selamatan dan Kirab Kademangan di Balai Kelurahan Tegalrejo,” imbuhnya.

Wakil Wali Kota Salatiga, Muh Haris, yang turut hadir dalam kegiatan itu mengapresiasi kegiatan itu. Ia berharap seluruh warga Tegalrejo senantiasa sehat dan dijauhkan dari segala musibah, termasuk Covid-19.

Jalan-Jalan ke Lasem Rembang? Ini 5 Kuliner yang Tidak Boleh Dilewatkan…

Dalam kesempatan ini, Muh Haris juga menyampaikan terima kasih kepada warga Tegalrejo yang sudah berpartisipasi dalam pembangunan Kota Salatiga.

“Saya dan Pak Wali menyampaikan terima kasih, karena dukungan pembangunan di Kelurahan Tegalrejo bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya pembangunan secara lahir tetapi yang lebih penting lagi adalah pembangunan batin, moral, akhlak, budi pekerti sebagai pondasi pembangunan di Tegalrejo,” tukas Haris.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.