Ini Kiat Jaga Kebersihan Selokan Semarang ala Hendi

Wali Kota Hendrar Prihadi mengunggah kiat menjaga kebersihan selokan di Kota Semarang dengan memelihara ikan.

Ini Kiat Jaga Kebersihan Selokan Semarang ala Hendi Ikan dipelihara di selokan Kota Semarang. (dlh.semarangkota.go.id)

Semarangpos.com, SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi selalu mempunyai hal menarik untuk dibagikan lewat akun sosmed pribadinya. Kali ini, kepala daerah yang kerap disapa Hendi tersebut berbagi kiat menjaga kebersihan selokan di Kota Semarang.

Seperti di-upload di Instagram @hendrarpribadi dengan tanda pagar #SemarangSekarang #SemarangBergerak #SemarangSemakinHebat, Senin (10/2/2020), ia membagikan video tentang gerakan menjaga kebersihan selokan di Kota Semarang itu. Kelurahan Mugassari dijadikannya sebagai contoh.

Taman ikan dibangun di Mugassari dengan mengandalkan selokan sepanjang 40 m. Ratusan ikan berbagai jenis ditebar di kali kecil, termasuk ikan komet.  “Bukan ikan nyasar, tapi ikan untuk dipelihara,” tulis Hendi dalam video Instagram yang terpantau Semarangpos.com, Selasa (11/2/2020).

Gelar Doktor HC Puan Maharani Bikin Netizen Penasaran

Ia mengungkapkan warga mau tidak mau aktif merawat ikan-ikan itu jika selokannya bersih. Masyarakat otomatis merawat selokan dan ikan-ikanya agar kebersihan dan keindahan Semarang terjaga keberlangsungannya.

Bagaimana caranya? Di video Hendrar Pribadi, ia memberi tips agar air selokan selalu jernih. Saluran pembuangan air dibuat terpisah dan dikuras agar terlihat bening. Dengan melepas ikan, masyarakat akan lebih sayang jika harus membuang sampah di parit.

 

View this post on Instagram

 

#SemarangSekarang #BergerakBersama #SemarangSemakinHebat

A post shared by Hendrar Prihadi (Hendi) (@hendrarprihadi) on

Hal tersebut disambut antusiasme warganet. Mereka mengomentari unggahan tersebut dengan berbagai ekspresi.

Ada yang mendukung aksi walikota tersebut. “Mantul Pak,” tulis pemilik akun @ajik_a.

Tetapi ada juga yang menanggapi dengan lelucon, “Sesok isuk iwake ilang [besok pagi ikannya hilang],” tulis akun @yusu__bachtiar.

Hendrar berharap, video yang ia unggah itu semakin menyadarkan masyarakat tentang kebersihan lingkungan perkotaan Semarang. (Dhina Cantya/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.