Tutup Iklan

Inspiratif! 30 Pegawai Pertamina JBT Donorkan Plasma Darah untuk Pasien Covid-19

Para pekerja Pertamina Jawa Bagian Tengah atau JBT yang pernah terpapar Covid-19 berinisiatif menyumbangkan plasma darah untuk terapi convalescent.

Inspiratif! 30 Pegawai Pertamina JBT Donorkan Plasma Darah untuk Pasien Covid-19 Para pekerja Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) tengah diambil plasma darah untuk terapi convalescent pasien Covid-19 di Kantor PMI Kota Semarang, Sabtu (16/1/2021). (Semarangpos.com-Pertamina JBT)

Semarangpos.com, SEMARANG – Terapi plasma convalescent saat ini dipercaya menjadi salah satu alternatif kesembuhan bagi pasien Covid-19. Kendati demikian, ketersediaan plasma darah untuk terapi kesembuhan Covid-19 ini masih terbilang minim.

Kondisi itu pun membuat PT Pertamina Jawa Bagian Tengah (JBT) berinisatif memberikan sumbangan atau donor plasma darah dari para pekerjanya yang pernah terpapar Covid-19 untuk terapi convalescent.

Total ada sekitar 30 pekerja Pertamina JBT yang pernah terkonfirmasi Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh, yang berinisiatif menyumbangkan plasma darahnya.

PMI Kota Semarang Banjir Permintaan Plasma untuk Covid-19

Mereka pun mendonorkan plasma darahnya pada Jumat-Sabtu (15-16/1/2021) dan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang.

Executive General Manager Pertamina Regional JBT, Sylvia Grace Yuvenna, mengatakan setidaknya adaa 30 pekerja yang nantinya secara berkesinambungan akan mendonorkan plasma darahnya. Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pertamina JBT terhadap penanganan Covid-19.

“Pekerja tersebut dipastikan sudah sembuh dari Covid-19. Itu dibuktikan dengan hasil swab PCR dua kali negatif,” tutur Sylvia dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Sabtu pagi.

Sementara itu, Medical Manager Pertamina JBT, dr. Datuk Fachrul Razy, menerangkan bahwa terapi plasma darah convalescent telah digunakan di beberapa negara selain Indonesia, seperti Amerika dan Eropa.

“Selain itu, hal ini juga sebagai bentuk kepedulian dari pekerja Pertamina yang secara sukarela ingin membantu dalam kesembuhan pasien Covid-19. Pemberian donor plasma darah ini merupakan kali pertama yang dilakukan Pertamina,” imbuh Fachrul.

121 Penyintas Covid-19 di Jateng Donorkan Plasma Convalescent

Fachrul menerangkan virus corona yang pernah menginfeksi sebelumnya menjadi kesempatan untuk memberikan pertolongan bagi pasien yang saat ini sedang berjuang untuk sembuh.

“Terlebih lagi Jawa bagian tengah merupakan salah satu wilayah utama tujuan pemudik dan turis maupun asal daerah pekerja Pertamina. Beberapa waktu terakhir, peningkatan pasien Covid-19 juga tinggi. Dengan bantuan ini diharap mampu mengurangi dampak Covid-19,” terang Fachrul.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.