Jadi Petruk, Gubernur Jateng Dicurhati Gareng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak para seniman Jateng tampil bersama agar bisa menyalurkan bakat mereka di tengah pandemi Covid-19.

Jadi Petruk, Gubernur Jateng Dicurhati Gareng Panggung Kahanan yang disiarkan secara live melalui channel Youtube dan Facebook Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Instagram—ganjar_pranowo)

Semarangpos.com, SEMARANG Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membuat terobosan baru agar para seniman di Jateng bisa menyalurkan bakat mereka di tengah pandemi Covid-19. Ia bahkan ikut tampil menjadi Petruk yang dicurhati (curahan hati) Gareng.

Pandemi Covid-19 membuat beberapa pekerjaan terpaksa tidak bisa dilakukan. Seperti para seniman di Kota Semarang yang tidak bisa menyalurkan bakat mereka. Melihat hal itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai Petruk meramaikan aksi di Panggung Kahanan.

Lapangan basket rumah dinasnya di Semarang ia sulap menjadi tempat pertunjukkan bagi para seniman. Mereka semua boleh unjuk bakat dengan syarat, tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kantor Pos Besar Semarang Nan Sarat Sejarah

Agar semua orang bisa menonton keseruan para seniman namun tetap menjaga jarak, Ganjar menggunakan media sosial Faebook dan Youtube untuk menyiarkan penampilan mereka secara langsung.

Panggung Kahanan #3

Seperti penampilan Panggung Kahanan #3 yang diselenggarakan Jumat (8/5/2020) silam. Terlihat Ganjar yang ikut andil berperan dalam penampilan Wayang Orang Ngesti Pandawa.

Ganjar juga memakai topi ala pandawa supaya ikut mendalami perannya. Ia terlihat sedang mendengarkan curahan hati (curhat) salah satu wayang. Cuplikan video keseruan mereka diunggah Ganjar di Instagram pribadinya, Minggu (10/5/2020).

Bakmi Jowo Pak Gareng, Sajian Kuliner Populer di Semarang

“Kemarin saya dan para seniman Bloko Suto, buka-bukaan gimana rasanya menghadapi Corona. Pandemi ini penyakit, sementara tidak bisa berkarya adalah penyakit yang lain,” tulis Ganjar sebagai caption.

Mereka mengaku tidak bisa melakukan pentas seni sejak Maret silam. Selain Ngesti Pandawa, Panggung Kahanan #3 juga diramaikan oleh Teater Matajiwa dan Bohemian Band.

“Ini adalah ruang virtual kecil yang mesti disambung dengan kreativitas lainnya. Karena di masa ini banyak hal bisa kita eksplorasi untuk berkarya,” tambahnya seperti yang terpantau Semarangpos.com, Senin (11/5/2020).

Umbul Sidomukti Bisa Jadi Tempat Bertualang Tak Terlupakan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diminta maju oleh salah satu tokoh wayang Gareng dan tampil bersama sebagai Petruk. “Seniman itu jelas kalau tidak mendapat uang, tapi yang parah itu kalau seniman sambat emosionalnya tidak bisa disalurkan,” cerita si Gareng.

Emosi Tersalurkan

“Jadi emosionalnya panjenengan biar tersalurkan, manggung kayak gini? Wes ora sah dibayar?” Tanya Ganjar yang langsung disambut tertawa para seniman yang lain.

Tak Punya Kemampuan Indigo, Youtuber Billy Christian Kok Bisa Lihat Ini?  

Ganjar menambahi jika ia berharap para seniman tetap bisa menyalurkan ekspresi mereka. “Karepku ben kanca-kanca bisa tampil jadi seniman tetap gereget dan eksis. Sapa ngerti penonton ada yang mau nyumbang,” tambah Ganjar.

“Saking lemasnya Pak, kuru niki mboten gegara kehilangan job Pak. Tapi wedi kalih bojo kula,” jawab si wayang yang langsung mengundang tawa Gubernur Jateng itu.

Sebelum pamit, tak lupa Ganjar memberi semangat para seniman. “Mudah-mudahan panggung yang waktunya pendek ini bisa memberikan inspirasi. Semoga bisa menghadirkan para donatur agar para seniman tetap bisa hidup,” ungkapnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.