Jateng Diprakirakan Hujan Deras Berpetir 2 Hari ke Depan

Cuaca ekstrem diprakirakan melanda wilayah Jawa Tengah (Jateng) yang ditandai hujan deras berpetir, Kamis-Jumat (17-18/3/2020).

Jateng Diprakirakan Hujan Deras Berpetir 2 Hari ke Depan Ilustrasi hujan. (Solopos)

Semarangpos.com, SOLO — Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Selasa (17/3/2020), merilis peringatan dini cuaca ekstrem di seluruh wilayah Indonesia periode 17-19 Maret 2020. Jateng diprakirakan hujan deras berpetir dalam dua hari mendatang.

Berdasarkan rilis tersebut, BMKG memprediksi hujan deras disertai petir dan angin kencang akan terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia dua hari ke depan. Jateng hanya bagian dari wilayah yang terimbas cuaca ekstrem yang ditandai hujan deras berpetir di Indonesia itu.

Prakiraan cuaca ekstrem ini berdasarkan massa udara kering di belahan Bumi utara melintasi wilayah perairan utara Pulau Kalimantan. Serta di belahan Bumi selatan melintasi Laut Arafuru sebelah barat.

Bukan Wewe Gombel, Ini Makhluk Jumbo di Hutan Tinjomoyo Semarang

Wilayah di depan muka instrusi diprediksi lebih lembap. Massa udara basah di laporan rendah terkonsentrasi di sebagian wilayah kecuali Riau bagian timur, Kepulauan Riau, Jawa bagian Tengah, dan Maluku Utara.

Ilustrasi cuaca ekstrem. (JIBI/Solopos/Reuters)
Ilustrasi cuaca ekstrem. (JIBI/Solopos/Reuters)

Dalam prakiraan cuaca ekstrem terbaru itu disebutkan wilayah yang berpotensi mengalami hujan deras pada Rabu (18/3/2020) adalah Sumatra Barat, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, DIY, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Masyarakat Wajib Waspada

Sedangkan kondisi yang sama diperkirakan pada Kamis (19/3/2020) di beberapa wilayah berikut ; Sumatra Barat, Riau, Lampung, Jawa Barat, DIY, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timut, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Tak Harus Wisata ke AS, Semarang Juga Punya Tebing Aesthetic

Sedangkan hujan deras disertai angin kencang dan kilat pada Rabu (18/3/2020) berpotensi terjadi di Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Banten, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, dan Papua.

Hal yang sama diprediksi terjadi pada Kamis (19/3/2020), di Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Banten, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Masyarakat diminta mewaspadai dampak cuaca ekstrem tersebut. Informasi tentang prakiraan cuaca terkini bisa diakses melalui situs web resmi BMKG atau Twitter @infoBMKG.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.