Jateng Kucurkan Rp10 M untuk Beli 3 Juta Masker Produk UMKM

Pemprov Jateng mengucurkan dana Rp10 miliar untuk membeli masker kain produk UMKM Jateng yang jumlahnya mencapai 3 juta pieces.

Jateng Kucurkan Rp10 M untuk Beli 3 Juta Masker Produk UMKM Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (kiri), melihat masker kain produk UMKM Jateng di gudang Kantor Dinkop dan UKM Jateng, Kota Semarang, Minggu (18/5/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng menganggarkan dana sekitar Rp10 miliar untuk membeli 3 juta masker buatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pembelian masker itu merupakan bagian dari program Jaring Pengaman Ekonomi guna menyelamatkan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

“Dalam Jaring Pengaman Ekonomi, kami membagi tiga penanganan yakni darurat, jangka pendek, dan menengah. Sekarang penanganan darurat dan harus direspons agar pelaku UKM [usaha kecil menengah] bisa tertolong,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat meninjau gudang masker di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Minggu (17/5/2020).

Menurut Ganjar, program pembelian masker dari pelaku usaha kecil dan UKM merupakan tindakan darurat. Oleh karenanya, pelaku UKM di bidang fashion didorong untuk membuat masker dan hasilnya dibeli pemerintah.

Hoaks Izinkan Salat Id di Masjid, Gubernur Ganjar Minta Masyarakat Ikuti Aturan Pemerintah

“Inilah cara kita mendorong dan menstimulus ekonomi di masyarakat agar tetap bisa berjalan,” terangnya.

Setelah ini, Ganjar berencana memberikan stimulus bagi pelaku UKM boga. Para pelaku UKM boga akan diminta memproduksi makanan dengan bahan baku dari pemerintah.

Kepala Dinkop UKM Jateng, Ema Rachmawati, mengatakan program 3 juta masker merupakan langkah Pemprov Jateng untuk melindungi UKM agar tidak gulung tikar. Para pelaku UKM di bidang fashion dan jahit yang ada di bawah naungan Dinkop UKM, semuanya diberdayakan untuk mengikuti program ini.

“Sampai saat ini sudah ada 2,1 juta masker kain yang dikirim ke kami. Targetnya 3 juta masker dari pelaku UKM. Produk akan kami beli dan didistribusikan ke masyarakat secara gratis,” terang Ema.

Rp38 Miliar untuk UMKM boga

Masker kain produk UMKM ini nantinya akan didistribusikan ke gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di 35 kabupaten/kota di Jateng. Selain itu, masker nantinya juga dibagikan ke aparat TNI/Polri, masyarakat dan pedagang pasar.

Mahasiswa Unsoed Purwokerto Minta Subsidi Pulsa, Tagar #unsoedjutek Jadi Trending

Sementara untuk program bagi pelaku UMKM boga, Ema mengaku Pemprov Jateng telah menyiapkan anggaran Rp38 miliar. Anggaran sebesar itu akan digunakan untuk membeli bahan baku yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM boga di Jateng.

Pemberian stimulus UMKM boga itu, menurut Ema sangat tepat. Apalagi, saat ini telah mendekati Lebaran.

“Mereka [UMKM boga] masih bisa jalan, tapi memang kesulitan bahan baku. Jadi, nanti kami bantu berikan bahan baku seperti tepung, gula, minyak dan sebagainya. Masing-masing UKM akan mendapatkan bantuan bahan baku senilai Rp3 juta,” jelasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.