Jateng Siapkan Taman Makam Pahlawan untuk Kuburkan Pahlawan Covid-19

Jenazah para perawat, dokter, dan tenaga medis lain yang menjadi pahlawan Covid-19 di Jateng bakal dimakamkan taman makam pahlawan (TMP).

Jateng Siapkan Taman Makam Pahlawan untuk Kuburkan Pahlawan Covid-19 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Antara-Wisnu Adhi)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan taman makam pahlawan (TMP) di seluruh Jateng untuk menguburkan jenazah perawat, dokter, dan tenaga medis lain yang menjadi pahlawan corona virus deseases atau Covid-19.

“Saya sudah perintahkan Dinsos dan Kesra untuk mempersiapkan ini. Satu soal tempatnya, kedua soal administrasinya, agar penempatan seseorang di Taman Makam Pahlawan sesuai,” kata Ganjar di Semarang, Sabtu (11/4/2020).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku sudah berkomunikasi dengan kepala daerah se-Jateng untuk melaksanakan kebijakan itu. Para pemangku kepentingan di daerah itu, diklaimnya mayoritas setuju.

Diterjang Puting Beliung, 2 Rumah di Kluwan Grobogan Rusak

“Kalau satu dua hari ini selesai proses itu, minggu depan sudah bisa dilaksanakan,” ujarnya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Minggu (12/4/2020).

Orang nomor satu di Jateng itu mengakui keputusan menyiapkan taman makam pahlawan untuk para tenaga medis yang meninggal akibat Covid-19 itu karena ada penolakan pemakaman jenazah perawat oleh warga Ungaran, Kabupaten Semarang, Jateng. Menurut Ganjar, kejadian itu membuat seluruh masyarakat sakit hati, termasuk dirinya.

Pejuang Kemanusiaan

Ia menyebut seluruh dokter, perawat, dan tenaga medis merupakan pejuang kemanusiaan yang harus diberikan penghormatan. Mereka sudah berjuang dengan luar biasa serta mengorbankan diri untuk mengatasi wabah Covid-19.

Polisi Tangkap Dalang Penolakan Jenazah Perawat di Semarang

“Dan mereka tahu, bahwa itu berisiko pada keselamatannya, kita harus memberikan penghormatan setinggi-tingginya. Saya kira, Taman Makam Pahlawan adalah tempat yang sangat tepat untuk mereka,” katanya.

Selain taman makam pahlawan, Gubernur Ganjar Pranowo juga menyiapkan skenario kedua untuk memberikan penghormatan bagi tenaga medis yang meninggal akibat Covid-19. Apabila taman makam pahlawan tidak cukup, dirinya siap membuatkan tempat pemakaman baru yang diberi nama taman makam pahlawan khusus.

“Kalau ada area eksisting di taman makam pahlawan, maka bisa dipakai, tapi kalau sudah penuh, kita bisa membuat tempat khusus baru yang dikasih nama taman makam pahlawan khusus untuk mereka,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.